Comments

Friday, January 31, 2014

Cara mudah hemat kuota internet smartphone

Posted by at 6:41 AM Read our previous post


Di dunia serba gadget seperti smartphone dan ketergantungan penggunanya terhadap koneksi internet dan dunia maya, baik untuk browsing maupun bersosial media, terkadang membuat pengguna smartphone harus rela tekor demi membeli paket internet.
Sebenarnya, ada cara mudah bagi pengguna smartphone untuk menghemat kuota internet hingga Anda bisa eksis di dunia maya tanpa harus mengeluarkan biaya banyak untuk membeli kuota internet. Berikut 7 cara mudah menghemat kuota internet di smartphone Anda.

1. Hindari aplikasi yang terus membutuhkan koneksi data non-stop

 Cara mudah yang pertama untuk menghemat kuota internet secara mudah adalah dengan tidak menggunakan aplikasi yang perlu terhubung dengan koneksi internet setiap saat.
Biasanya, aplikasi jenis ini adalah aplikasi chatting seperti BBM, Whatsapp, ataupun Line. Jika Anda membutuhkan aplikasi chatting di smartphone, maka sebaiknya gunakan hanya satu aplikasi chat andalan. Hal ini karena semakin banyak aplikasi chat di smartphone Anda, maka makin boroslah kuota internet tersedot aplikasi-aplikasi tersebut.

2. Matikan koneksi internet di saat tertentu

 Mematikan koneksi internet disaat yang tidak diperlukan juga efektif menghemat kuota internet Anda. Misalnya, matikan koneksi internet saat Anda akan tidur di malam hari, maka tidak akan ada kouta data yang hilang di saat Anda tertidur lelap.

3. Matikan auto-sync menu pada aplikasi yang jarang digunakan

 Saat ini, banyak aplikasi baik bawaan smartphone maupun yang diunduh dari Google Play Store yang mengusung menu auto-sync atau sinkronisasi otomatis.
Fitur auto-sync ini juga memerlukan koneksi internet yang terus-menerus jika pengguna mengaktifkannya.
Membatasi berkurangnya kuota bisa dilakukan dengan mengurangi dengan mematikan menu auto-sync pada aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan di smartphone Anda.

4. Gunakan aplikasi network manager

Menggunakan aplikasi network manager juga terbukti sukses bisa menghemat kouta internet.
Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengatur berapa batas kuota yang bisa digunakan tiap harinya ataupun bisa langsung memutus koneksi internet jika penggunaan sudah melewati kuota harian atau mingguan yang telah disepakati.

5. Matikan gambar atau perkecil resolusi gambar

Munculnya gambar di layar smartphone baik saat browsing maupun membuka berbagai sosial media juga menjadi salah satu faktor borosnya kuota internet smartphone Anda.
Untuk menghematnya, Anda bisa menonaktifkan gambar atau mengatur gambar yang keluar dalam resolusi yang kecil.

6. Matikan opsi auto update aplikasi

 Kebanyakan smartphone baru, terutama Android akan mengaktifkan fitur auto-update aplikasi secara otomatis.
Menu auto-update ini juga sering membuat kuota pengguna habis dalam waktu sekejap tanpa peringatan apapun.
Oleh karena itu, sebagai pengguna smartphone, Anda harus mematikan menu auto-update dan melakukan update pada aplikasi yang dianggap perlu saja.

7. Gunakan kuota internet bulanan

Cara mudah yang terakhir untuk menghemat kuota internet sekaligus menghemat pengeluaran karena kuota internet adalah dengan mendaftarkan kuota internet bulanan ke operator untuk smartphone Anda.
Biasanya, operator seluler cenderung memberikan harga yang lebih murah dan kuota internet yang lebih banyak pada paket bulanan dibanding dengan paket mingguan, apalagi harian.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template