Comments

Friday, January 31, 2014

5 Fakta menarik tentang almond yang jarang diketahui

Posted by at 6:25 AM Read our previous post

Almond adalah salah satu jenis kacang yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Almond juga mengandung banyak nutrisi yang bisa membuat tubuh lebih sehat.

Meski begitu, ada banyak hal tentang kacang almond yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai kacang almond yang jarang diketahui, seperti dilansir oleh Huffington Post.


1. Berasal dari keluarga buah peach

 Kacang almond sebenarnya bukan kacang-kacangan, melainkan jenis buah yang tumbuh di pohon almond dan memiliki kulit yang keras. Almond adalah salah satu anggota dari keluarga tanaman prunus, sama dengan buah-buahan seperti peach, cherry, dan plum. Karena itu, jika Anda memiliki alergi terhadap buah peach, bisa jadi Anda juga akan alergi saat makan almond.

2. Memiliki kalori yang rendah

Di antara semua jenis kacang, almond memiliki kalori yang paling rendah sama dengan kacang mede dan pistachios. Satu ons almond diketahui hanya memiliki 160 kalori. Almond juga memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan kacang jenis lainnya. Tak hanya itu, almond juga mengandung 9 gram lemak bak, 6 gram protein, dan 3,5 gram serat.

3. Lebih baik dimakan mentah

 Ketika mengonsumsi almond, sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara mentah atau dengan cara dipanggang secara kering. Namun jangan pernah membeli kacang almond panggang dalam kemasan karena bisa jadi kacang almond tersebut dipanggang menggunakan lemak yang tak sehat.

4. Susu almond mudah dibuat

 Anda bisa membuat sendiri susu almond di rumah. Almond adalah salah satu jenis kacang yang bisa dijadikan sebagai bahan susu dengan mudah. Yang Anda butuhkan hanya almond, pemanis, air, dan food processor. Food processor adalah alat untuk mengolah makanan yang mirip dengan blender untuk menghaluskan almond.

5. Kaya antioksidan

 Berdasarkan penelitian tahun 2006, hanya satu ons almond saja mengandung banyak antioksidan yang bisa menangkal penyakit jantung, kanker. Jumlah antioksidan pada almond bahkan hampir sama dengan teh hijau atau brokoli.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai kacang almond yang kemungkinan tak Anda ketahui. Meski di Indonesia kacang almond tak sepopuler kacang mede atau kacang tanah, namun jenis kacang ini juga layak dicoba untuk membuat tubuh lebih sehat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template