Comments

Monday, December 16, 2013

Robot Pintar ini Bisa Membawa Kehancuran Manusia

Posted by at 9:51 PM Read our previous post

Robot Hedonis Bisa Membawa Kehancuran Manusia
  
 Robot mirip dengan binatang. Mereka belajar dengan melakukan sesuatu. Bahkan robot masa depan mungkin dapat merespon menghargai sistem yaitu menyelesaikan tugas dengan percaya diri dan akan merasa puas jika pekerjaannya dilakukan dengan baik.

Selain bisa membuat pekerjaan lebih efisien, teknologi ini juga bisa memiliki beberapa konsekuensi mengerikan bagi umat manusia. Robot berorientasi pada tujuan. Robot yang merasa dihargai dengan membuat manusia bahagia mungkin akhirnya memutuskan bahwa jika tidak ada lagi manusia, maka tidak ada lagi manusia yang merasa tidak berbahagia.

"Robot tanpa preferensi tidak dapat memiliki perilaku rumit," kata Roman V. Yampolskiy, Direktur Cybersecurity Research Lab di University of Louisville. Menurutnya, untuk membuat mesin yang mandiri dan kreatif harus memberi mereka penghargaan dan preferensi itu.

Robot cerdas akan berbeda dengan manusia dalam satu perihal kunci. Mereka akan tahu atau setidaknya memiliki kapasitas untuk tahu persis bagaimana kerja otak mereka sendiri. Sementara mausia hanya bisa merasakan kenikmatan melalui pengalaman kehidupan nyata, seperti pornografi atau video game. Robot bisa memanfaatkan perangkat lunak mereka sendiri untuk menghargai diri mereka tanpa melakukan pekerjaan apapun.

Lebih buruk lagi jika membayangkan robot hedonistik melakukan seluruh aktivitasnya dengan manusia. Jika manusia memiliki kemampuan untuk menghargai atau menghukum robot, mereka hanya akan melenyapkan manusia sebagai pengawas dan mengambil kendali proses. Dan ini memungkinkan robot merasakan kenikmatan tanpa batas.

Selain itu, robot yang dirancang khusus untuk kesejahteraan manusia dalam pikirannya bisa membuat lompatan mematikan dalam logika. Ketika masa depan umat manusia berpotensi dipertaruhkan, Yampolskiy mendesak untuk berhati-hati dalam menciptakan mesin cerdas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template