Comments

Wednesday, December 11, 2013

8 Khasiat buah mangga untuk kesehatan

Posted by at 5:51 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/manfaat

Anda tentu tak asing dengan buah mangga. Di Indonesia, bahkan ada banyak jenis mangga yang bisa dinikmati dan dipilih sesuai selera. Selain mudah didapatkan, buah mangga ternyata juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan.

Mengonsumsi buah mangga dipercaya bisa menghentikan pendarahan dan meredakan stres. Ingin tahu keajaiban lain yang disimpan oleh buah mangga? Ini dia daftarnya, seperti dilansir oleh Care2.

1. Mencegah kanker

Penelitian menunjukkan bahwa zat antioksidan dalam buah mangga ampuh untuk melindungi tubuh dari kanker prostat, kanker usus, kanker payudara, dan leukemia. Beberapa zat antioksidan tersebut antara lain quercetin, isoquercetin, astragalin, fisetin, gallic acid dan methylgallat.

2. Menurunkan kolesterol

 Kandungan serat yang tinggi serta zat pectin dan vitamin C dalam buah mangga diketahui ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol, terutama kolesterol buruk yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Jika Anda memiliki kolesterol yang tinggi, jangan ragu untuk memakan buah mangga.

3. Kesehatan mata

 Satu cangkir mangga yang sudah dipotong-potong bisa memberikan 25 persen asupan vitamin A dalam sehari. Mengonsumsi mangga bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kebutaan serta mata kering.

4. Mencegah diabetes

 Buah mangga mengandung index glycemix yang relatif rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tak akan mengakibatkan lonjakan insulin. Selain itu, daun mangga juga dipercaya bisa membantu menjaga tingkat insulin dalam tubuh agar tetap stabil. Caranya adalah dengan merendam daun mangga dengan air, lalu merebusnya. Setelahnya, biarkan hingga keesokan harinya dan meminum air rendamannya di pagi hari.

5. Meningkatkan gairah seks

 Buah mangga dipercaya sebagai sumber vitamin E yang baik. Selain itu, buah mangga juga diketahui bisa mendongkrak gairah seksual karena asupan vitamin E di dalamnya.

6. Membantu pencernaan

 Buah yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan tak cuma pepaya, tetapi juga mangga yang mengandung enzim untuk mengolah protein. Serat yang terdapat dalam buah mangga juga bisa membantu melancarkan proses pencernaan.

7. Meredakan panas tubuh

 Di cuaca yang sangat panas, tak jarang orang mengalami heat stroke, yaitu rasa panas akibat matahari. Minum jus mangga dan mengonsumsi mangga bisa membantu mencegah hal ini menjadi lebih berbahaya. Karena biasanya, serangan panas matahari bisa membuat seseorang dehidrasi dan bisa merusak ginjal.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

 Kandungan vitamin C dan vitamin A yang berlimpah pada buah mangga, serta 25 jenis karotenoid yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan kuat. Dengan mengonsumsi buah mangga, Anda bisa mencegah berbagai macam penyakit dan infeksi karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Itulah beberapa khasiat buah mangga untuk kesehatan tubuh. Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi buah mangga. Jika bosan mengonsumsi buahnya, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam cemilan dan minuman seperti jus atau puding.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template