Comments

Monday, December 16, 2013

Wah, Ternyata Gigigtan Komodo Itu Tidak Mematikan

Posted by at 10:03 PM Read our previous post

Gigitan Komodo Ternyata Tak Mematikan 
 Gigitan komodo semula dipercaya berakibat fatal. Ini karena adanya bakteri beracun dalam mulut reptil ini. Apalagi mitos tersebut banyak beredar dalam film fiksi, termasuk film James Bond, Skyfall. Di sana ada adegan pertarungan dramatis dalam kasino yang dibawahnya terdapat ruang bawah tanah, tempat komodo-komodo kelaparan.

Namun penelitian terbaru dari University of Queensland menemukan mulut kadal raksasa ini tak mengandung bakteri beracun. Tingkat dan jenis bakteri tak jauh berbeda dari setiap karnivora. Hewan ini tak menyimpan daging busuk dari makanan terakhir mereka di dalam mulut. Anggapan ini semula menjadi dasar teori bahwa gigitan komodo ekstra mematikan.

"Setelah mereka selesai makan, mereka akan menghabiskan waktu 10 sampai 15 menit untuk menjilati dan menggosok kepala dengan daun supaya mulut mereka bersih," kata Profesor Bryan Fry, penulis utama dalam studi ini. Artinya, komodo ini sebenarnya hewan yang sangat bersih. Bahkan bagian dalam mulut mereka juga dibersihkan oleh lidahnya.

Komodo berevolusi di Australia dan sekarang banyak terdapat di pulau-pulau Indonesia. Mereka biasanya makan kerbau, babi maupun rusa. Profesor Fry mengatakan serangan pada babi dan rusa dinilai sukses ketika 75 persen terjadi pendarahan hingga mangsa mati dalam waktu 30 menit. Dan hanya 15 persen saja yang mati dalam waktu 3 sampai 4 jam akibat racun dalam kelenjar ludah komodo.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template