Comments

Wednesday, December 11, 2013

6 Serangga-serangga unik ini seolah memakai kostum Halloween

Posted by at 5:55 AM Read our previous post
Mengoleksi serangga bisa jadi hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Apalagi jika serangga yang diburu sangatlah unik dan hanya sedikit orang yang memilikinya di dunia, pasti ada waktu khusus yang disediakan oleh para penghobi serangga untuk mendapatkannya.

 Jika Anda adalah seseorang yang memiliki hobi mengoleksi serangga, serangga-serangga di bawah ini memiliki keunikan pada motif tubuhnya. Meskipun Halloween sudah lewat, sepertinya beberapa binatang kecil di bawah ini tetap konsisten 'berdandan' ala Halloween.

1. Pink Underwing Moth Caterpillar

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/hewan

 

Ulat yang memiliki pola unik di bagian wajahnya ini berasal dari hutan hujan subtropis di Australia. Serangga yang satu ini memang tidak beracun dan tidak memiliki taring atau alat apapun di tubuhnya yang bisa melukai musuhnya. Pertahanan diri yang dimilikinya adalah proses crypsis, yakni kemampuan untuk menyamarkan diri dari musuhnya dengan menyamakan warna tubuhnya dengan lingkungan sekitar. Selain itu, ternyata muka seramnya ini juga bisa mengusir musuhnya.

2. Spinny Orb Weaver

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/hewan

 

 Laba-laba yang satu ini memiliki corak hitam putih yang menarik dan dipercantik dengan adanya tanduk-tanduk merah di sekeliling kepalanya. Serangga yang satu ini tersebar di berbagai penjuru dunia, biasanya berada di semak-semak, namun populasinya yang paling banyak berada di Amerika.

3. Jason's Mask Harvestman

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/hewan

 

 Binatang kecil yang satu ini baru saja ditemukan oleh para ahli biologi pada bulan Januari lalu, jadi belum ada nama ilmiah yang diperuntukkan bagi laba-laba kaki panjang ini. Karena wajahnya yang mirip seperti topeng tokoh Jason dalam film horor yang sempat tenar beberapa tahun lalu, Freddy vs Jason, maka nama sementara serangga ini memakai nama Jason.

4. Lucihormetica luckae 

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/hewan

 

 Percaya atau tidak, binatang ini adalah salah satu jenis kecoak. Mirip seperti LED, sayap kecoak yang satu ini bisa menyala di dalam gelap. Merasa familiar dengan binatang ini? Jika Anda pencinta Star Wars, luckae akan mengingatkan Anda pada Jawas.

Sayangnya, binatang ini diperkirakan sudah tidak ada lagi di dunia karena tempat asalnya ditemukan yakni sebuah gunung volcano Tungurahua di Ekuador, telah meletus dan membunuh semua flora fauna di sekitarnya beberapa tahun yang lalu.

5. Death's-Head Hawkmoth

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/hewan

 

 Memiliki suara yang mirip seperti rintihan anjing kecil, binatang yang eksotik ini memiliki badan serta sayap kecil yang keras, kebal terhadap racun musuh apapun, dan memproduksi aroma tubuh yang mirip lebah. Warnanya mirip batik, ya?

6. Common Awl Skipper

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/hewan

 

 Dengan kepala yang memiliki motif seperti Jack-o'-lantern, ulat daun yang satu ini terlihat begitu menarik. Motif kepala yang seperti itu berfungsi untuk menakut-nakuti musuhnya. Hebatnya, meskipun ia beracun, ulat ini juga bisa menyedot racun beberapa musuhnya. Unik, ya?

Itulah beberapa serangga unik dan lucu yang terlihat seperti memakai kostum Halloween.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template