Comments

Friday, October 25, 2013

10 Benda tak terduga penyebab alergi

Posted by at 10:50 PM Read our previous post

Anda terkadang menyalahkan debu, udara dingin, dan makanan laut sebagai penyebab kambuhnya alergi Anda. Namun hal itu ternyata bukan satu-satunya pemicu alergi.

Seperti dilansir dari abcnews.go.com, benda-benda yang terdapat di rumah Anda nyatanya dapat membangkitkan alergi Anda.

1. Lemon dan jeruk limau

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Washington University School of Medicine, Limonene yaitu senyawa yang terdapat di dalam buah jeruk ternyata dapat membuat mata berair dan sensasi seperti terbakar di hidung. Bahkan dalam keadaan yang parah, senyawa ini juga akan kemungkinan mengiritasi kulit Anda.

2. Boneka atau bantal

Debu dan kutu yang menjadi penyebab alergi suka menjadikan bantal dan boneka yang menjadi teman tidur Anda sebagai habitat favorit mereka. Oleh karena itu pastikan Anda selalu menjaga kebersihan boneka atau bantal Anda dengan rutin mencucinya 2-3 minggu sekali.

3. Lilin aromaterapi

 Minyak esensial yang terdapat di dalam lilin aromaterapi ternyata juga dapat memicu alergi. Terlebih lagi bagi mereka yang mempunyai indra pencium dengan sensitivitas alami yang tinggi.

4. Parfum

 Parfum dapat terdiri dari ratusan bahan kimia yang dapat menimbulkan alergi. Alergi yang ditimbulkan dapat berupa bersin-bersin dan sakit kepala.

5. Sabun dan detergen

Anda kadang berpikir bahwa bahan kimia yang ada di dalam produk pembersihlah yang menyebabkan gatal. Namun ternyata zat aditif berupa wewangianlah yang menyebabkan gatal-gatal. Untuk menghindari hal tersebut Anda dapat mulai untuk membeli sabun organik atau sabun dengan label 'nonscented'.

6. Karpet

Tidur-tiduran di atas karpet memang menyenangkan. Tapi berhati-hatila dengan debu, kutu, atau tungau yang menjadi penghuni karpet Anda. Oleh karena itu jagalah kebersihan karpet Anda dan jangan sampai karpet Anda lembab karena kutu suka hidup di karpet yang lembab.

7. Makanan pedas dan berempah

 Rempah memang dapat meningkatkan cita rasa makanan. Namun ternyata alergi pun dapat disebabkan oleh makanan yang pedas dan berempah. Reaksi alergi yang ditimbulkan dapat berupa gatal, bengkak, bahkan rasa panas di bibir.

8. Cat dinding

 Zat kimia berupa bahan pelarut dan zat sintesis yang terdapat di dalam cat dinding dapat menyebabkan reaksi alergi seperti gatal di kulit dan sakit kepala. Untuk menghindarinya, pastikan Anda mempunyai cukup udara segar di ruangan yang akan di cat agar gas dari cat tersebut dapat digantikan dengan udara yang segar.

9. Alkohol

 Gandum atau pengawet sulfur dioksida yang terdapat di dalam minuman beralkohol dapat memicu alergi berupa ruam dan hidung tersumbat.

10. Kancing celana jins

 Kancing celana jins terbuat dari logam yang disebut dengan nikel. Nikel ini dapat memicu ruam dan gatal-gatal.

Alergi ternyata dapat ditimbulkan dari benda-benda yang ada di sekitar Anda. Jagalah selalu kebersihan lingkungan dan kesehatan tubuh Anda agar Anda tidak mudah terserang alergi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template