Comments

Friday, October 25, 2013

5 Orang ini terbunuh oleh temuannya sendiri

Posted by at 11:37 PM Read our previous post
Menjadi penemu dari sesuatu yang nantinya dapat mendunia tentu akan sangat membanggakan. Apalagi jika karya tersebut kemudian diapresiasi oleh masyarakat luas. Namun untuk menciptakan sesuatu, entah itu benda atau teori ilmu, kita seringkali dihadapkan pada tantangan, yakni sebuah percobaan. Saat seseorang melakukan sebuah percobaan atas benda yang diciptakannya, hanya ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu gagal atau berhasil. Berikut adalah kisah lima penemu yang terbunuh oleh benda yang mereka ciptakan sendiri ketika melakukan percobaan.

1. Franz Reichelt, parasut

 

 Franz Reichelt adalah seorang penjahit kelahiran Austria-Perancis, penemu, dan pelopor terjun payung. Pada tanggal 4 Februari 1912, ia melompat dari atas Menara Eiffel saat melakukan uji coba parasut yang didesainnya sendiri. Meskipun teman-teman dan beberapa saksi mata berusaha untuk mencegahnya, ia tetap nekad melompat dari atas menara sambil mengenakan penemuannya. Sayangnya, parasut itu gagal mengembang dan tubuh Franz langsung jatuh ke tanah. Kecelakaan itu pun langsung merenggut nyawanya.

2. Otto Lilienthal, hang gliders 

 

Otto Lilienthal adalah seorang pelopor sistem penerbangan di Jerman. Pada tanggal 10 Agustus 1896 ketika Otto sedang melakukan uji coba terhadap hang glider ciptaannya di Rhinow Hills, Jerman, penerbangan pertamanya berjalan mulus. Ia berhasil? terbang sejauh 250 meter. Namun, penerbangan selanjutnya gagal dan ia pun jatuh dari ketinggian 15 meter. Otto awalnya menderita patah tulang dan kemudian sadarkan diri. Dia pun meninggal sekitar 36 jam setelah kecelakaan terjadi.

3. Aurel Vlaicu, Airplane Vlaicu II 

 

Aurel Vlaicu adalah seorang insinyur, penemu, konstruktor pesawat, dan pilot asal Rumania. Pada tanggal 13 September 1913, ia meninggal dunia di dekat Campina ketika melakukan uji coba untuk menjadi orang pertama yang terbang melintasi Pegunungan Carpathian dengan mengendarai pesawat ciptaannya sendiri, yang diberi nama Vlaicu II.

4. Horace Lawson Hunley, combat submarine

 

 Horace Lawson Hunley, 40, adalah seorang insinyur kelautan Amerika. Pada tanggal 15 Oktober 1863, ia meninggal ketika sedang mencoba kapal selam buatannya yang bertenaga tangan. Kapal ciptaannya secara tak sengaja terjebak di bagian bawah Charleston Harbor, S. C.

5. Jean-Francois Pilatre de Rozier, balon Roziere 

 

 Pada tanggal 15 Juni tahun 1785, Jean-Francois de Rozier Pilatre, seorang ahli kimia dan guru fisika Prancis yang menjadi salah satu pelopor penerbangan pertama di dunia, meninggal ketika balon Roziere ciptaannya tiba-tiba kempes di udara dan jatuh di dekat Wimereux di Pas-de-Calais. Insiden itu terjadi saat dirinya mencoba terbang melintasi Selat Inggris. Dia dan rekannya, Pierre Romain, menjadi korban dalam kecelakaan udara tersebut.

Seorang Jim Rohn pernah mengatakan, "If you are not willing to risk the unusual, you will have to settle for the ordinary". Dalam bahasa Indonesia berarti "Jika kalian tak bersedia mengambil risiko untuk hal luar biasa, maka kalian harus puas mendapatkan hal-hal yang biasa". Pengorbanan kelima orang ini tentunya tak sia-sia karena keberanian mereka telah melahirkan penemuan baru yang berguna bagi kehidupan manusia modern saat ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template