Comments

Tuesday, October 22, 2013

9 Hal yang mengubah makanan sehat jadi tidak sehat

Posted by at 4:56 AM Read our previous post

Beberapa makanan sehat, seperti buah dan sayuran, ternyata bisa jadi tidak sehat karena hal tertentu. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Menggoreng ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan sehat yang murah dan mudah didapat. Banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam ubi jalar, termasuk beta-carotene dan vitamin A. Namun ubi jalar akan jadi tidak sehat ketika diolah dengan cara digoreng.

Kismis lapis yogurt

Kismis kaya akan serat, zat besi, vitamin C, dan kalium. Tetapi produk kismis lapis bungkus krim yogurt ternyata tidak sama sehatnya dengan kismis asli. Sebab krim yogurt yang melapisi kismis ternyata terbuat dari gula dan lemak jenuh.

Saus barbecue yang berlebihan

Daging ayam atau sapi yang dipanggang adalah makanan lezat dan menyehatkan. Sayangnya, banyak orang menggunakan saus barbecue yang berlebihan. Makanan yang dipanggang pun akhirnya jadi tidak sehat.

Blueberry pada muffin

Blueberry adalah salah satu buah super yang kaya nutrisi. Meskipun kecil, blueberry memiliki antioksidan tinggi. Namun beberapa produk makanan, seperti muffin atau sereal, ternyata menggunakan blueberry palsu yang terbuat dari gula dan pemanis buatan.

Popcorn bumbu mentega

Popcorn adalah makanan rendah kalori, kaya serat, dan antioksidan tinggi. Tetapi makanan sehat tersebut berubah menjadi tidak sehat jika diberi bumbu mentega. Kalori dalam popcorn akhirnya malah meningkat drastis.

Minuman berperasa

Air putih memang memiliki rasa yang tawar. Namun jangan beri tambahan pemanis apapun jika ingin tetap menjaga manfaat kesehatannya. Sebab minuman berperasa diberi campuran pemanis buatan dan senyawa lain yang membuat air jadi tidak sehat.

Sandwich telur

Lain kali jika ingin makan telur, sebaiknya olah sendiri di rumah. Sehingga bahan campuran yang digunakan tetap bisa dikontrol. Pasalnya sandwich telur yang dijual di restoran cepat saji justru diberi berbagai macam campuran yang tidak sehat.

Yogurt rasa buah

Yogurt merupakan salah satu produk susu yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Biarkan yogurt tetap memiliki rasa asam yang khas tanpa perasa apapun. Sebab yogurt rasa buah justru membuatnya tinggi kalori dan tidak begitu sehat.

Bumbu keripik sayur

Menggoreng sayur pada dasarnya tidak disarankan. Namun camilan keripik sayur kini semakin menjamur. Meski masih bernutrisi, keripik sayur bisa berubah menjadi tidak sehat jika bumbunya terlalu banyak mengandung sodium.

Itulah berbagai hal yang mengubah makanan sehat jadi tidak sehat. Kesimpulannya, perhatikan cara mengolah makanan agar tetap tersaji secara lezat dan sehat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template