Comments

Friday, October 25, 2013

8 Makanan pencegah gigi berlubang dan bau mulut

Posted by at 10:27 PM Read our previous post

Gosok gigi dan menggunakan benang gigi setiap hari adalah cara standar untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, sebenarnya makanan juga ikut membantu pencegahan gigi berlubang dan bau mulut. Makanan seperti apa tepatnya? Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Live Science berikut ini.

1. Teh

 Komponen polyphenol dalam teh (khususnya teh hitam dan hijau) mampu memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi. Jadi coba konsumsi kedua jenis teh tersebut demi mencegah gigi berlubang dan bau mulut.

2. Keju

 Sebuah penelitian awal tahun ini melaporkan kalau konsumsi keju cheddar bisa menurunkan kadar asam dalam mulut setelah makan makanan manis. Sehingga konsumsi keju pun termasuk salah satu cara mencegah gigi berlubang dan bau mulut.

3. Kismis

 Dengan rasa manis alami, kismis yang tak mengandung gula sukrosa juga ampuh mencegah gigi berlubang dan bau mulut. Kismis juga kaya phytochemical pembunuh bakteri penyebab plak pada gigi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyakit gusi.

4. Apel, wortel, dan mentimun

 Butuh usaha mengunyah yang cukup berat ketika seseorang makan buah apel, wortel, atau mentimun. Namun usaha mengunyah itu bukan tidak berguna. Bahkan makanan tersebut justru bisa membersihkan gigi sehingga mencegah bau pada mulut.

5. Makanan kaya vitamin

 Makanan yang mengandung kalsium (seperti keju, almond, dan sayuran berdaun) dan fosfor (daging, ikan, dan telur) bisa membuat gigi tetap kuat, demikian menurut asosiasi dokter gigi Amerika.

6. Permen karet tanpa gula

Coba kunyah permen karet setelah makan, terutama produk yang tidak mengandung gula. Dengan cara ini, produksi ludah akan meningkat dalam mulut sehingga bakteri penyebab gigi berlubang bisa dibunuh dengan cepat.

7. Susu

Penelitian lain pada bulan Juli lalu membuktikan kalau susu bisa menetralkan efek manis dari sereal di pagi hari. Sebab susu, sama seperti keju, menurunkan kadar keasaman yang diproduksi akibat konsumsi makanan manis.

8. Cranberry

Buah yang satu ini sama seperti teh, kaya akan polyphenol, yang bisa mengurangi plak sehingga mampu menurunkan risiko gigi berlubang dan bau mulut.

Itulah berbagai makanan pencegah gigi berlubang dan bau mulut. Apakah Anda sudah rajin mengonsumsinya setiap hari?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template