Comments

Saturday, October 12, 2013

Sumber dari kehidupan akhirnya ditemukan di luar bumi

Posted by at 5:33 AM Read our previous post

Para peneliti memastikan adanya sebuah sistem tata surya mirip dengan yang kita miliki. Sistem yang letaknya sekitar 100 tahun cahaya dari bumi ini juga diyakini mampu menunjang kehidupan.

Seperti yang dilansir The Verge (10/10), sayangnya penunjang kehidupan ini hanya berbentuk batu asteroid sehingga tidak dilengkapi dengan atmosfer. Namun, material asteroid yang sebagian besar air inilah yang diyakini mampu menghadirkan kehidupan.

Penemuan air dalam asteroid yang ada di luar tata surya kita sendiri adalah hal pertama yang pernah ditemukan manusia. Dengan begitu, potensi adanya bumi kedua di luar sana kemungkinan masih ada.
Penemuan ini sendiri pertama kali dilakukan oleh para peneliti dari University of Cambridge yang kemudian disebarkan lewat Science. Para peneliti yakin asteroid ini telah melewati tempat di mana air bisa menghadirkan kehidupan.

"Asteroid itu seperti lego, jika mereka dikumpulkan akan jadi planet," kata Jay Farihi, pemimpin penelitian.
Sayangnya, untuk membuat planet yang bisa dihidupi sendiri dibutuhkan kumpulan jutaan asteroid dengan berbagai kandungan berbeda. Hal ini tentunya butuh waktu yang lama.
Para peneliti pun kemudian menemukan sebuah metode baru untuk mencari planet yang bisa dihuni. Caranya adalah dengan mencari bintang muda yang diputari oleh asteroid macam ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template