Comments

Tuesday, October 22, 2013

5 Karir terbaik untuk sarjana baru

Posted by at 5:25 AM Read our previous post

Salah satu ketakutan para mahasiswa yang baru lulus ialah menemukan pekerjaan bergaji tinggi. Selain itu ketakutan lain ialah apakah para sarjana baru ini akan menemukan pekerjaan yang memiliki prospek cerah untuk jangka panjang.

University of California, San Diego telah mengeluarkan laporan kelimanya pada tahun ini yang mengungkapkan apa saja karir cemerlang untuk sarjana baru.
Studi ini juga mengungkapkan apa saja pekerjaan yang bisa dijadikan batu loncatan untuk mendapat masa depan cemerlang ke depannya.

5 dari 10 peringkat tertinggi dari studi ini masih berkaitan dengan komputer dan teknologi. Perawat, ahli obat dan beberapa pekerjaan kesehatan lain memang memiliki nilai yang baik namun tidak cocok untuk sarjana pada umumnya karena membutuhkan keahlian khusus.

Berikut 5 peringkat tertinggi untuk pekerjaan yang paling cocok untuk sarjana baru seperti dilansir dari laman Business Insider.

1. Pengembang software

Pengembang suatu sistem software komputer memiliki peminat tertinggi. Pertumbuhan peminat bidang pekerjaan ini diproyeksi mencapai 32 persen pada 2020 mendatang.

Pendapatan dari bidang pekerjaan ini juga mencapai USD 102.550 atau setara Rp 1,1 miliar per tahun.

2. Akuntan

 Di Amerika, sekitar 1,1 juta penduduknya ialah seorang akuntan. Ini membuktikan bahwa pekerjaan ini layak menjadi salah satu bidang yang diincar para sarjana baru.

Pendapatan seorang akuntan diperkirakan mencapai USD 71.040 atau setara Rp 807,2 juta per tahunnya. Potensi masih adanya kenaikan gaji yang cepat untuk pekerjaan ini juga menjadikannya alasan para sarjana mengincarnya.

3. Admin sistem komputer

 Admin sistem komputer akan terus bertumbuh mencapai 28 persen hingga 2020 mendatang. Di Amerika, 350.320 orang bekerja sebagai admin suatu sistem komputer.

Gaji yang didapatnya diperkirakan sekitar USD 76.320 atau setara Rp Rp 867,2 juta per tahunnya. Pertumbuhan ekonomi membuat bidang pekerjaan ini semakin dibutuhkan untuk melayani konsumen.

4. Agen pemasaran (marketing)

 Pekerjaan agen pemasaran memiliki pendapatan rata-rata mencapai USD 67.380 atau setara Rp 765,6 juta per tahunnya. Angka ini menjadikan bidang pekerjaan ini menjadi incaran para sarjana baru.

Diperkirakan hingga 2020 mendatang permintaan akan pekerjaan ini terus meningkat di mana pertumbuhan kebutuhan pemasaran suatu produk mencapai 41 persen. Semakin diincarnya bidang agen pemasaran juga membuat bidang ini akan semakin ketat pada proses kualifikasi.

5. Staf humas (public relations)

Dibandingkan bidang lain, agen humas menjadi bidang yang memiliki sedikit pekerjanya yakni sekitar 201.280 orang di Amerika. Meski begitu pertumbuhan bidang pekerjaan ini diperkirakan akan cukup tinggi yaitu 23 persen hingga 2020.

Pendapatan seorang staf humas diperkirakan mencapai USD 61.980 atau setara Rp 704,3 juta per tahunnya. Angka inilah yang menjadikan pekerjaan ini sebagai bahan pertimbangan para sarjana baru untuk dikerjakan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template