Comments

Friday, October 18, 2013

5 Film horor ini terinspirasi kisah nyata

Posted by at 8:52 PM Read our previous post
Semua orang tahu bahwa film horor, bahkan yang paling mengerikan sekalipun hanya rekaan semata. Karena itu, banyak orang yang tak takut menonton film horor. Namun bagaimana jadinya jika film horor terinspirasi oleh kisah nyata?

Berikut adalah beberapa film horor yang didasari oleh kejadian yang pernah benar-benar terjadi sebelumnya, seperti dilansir oleh The Week.

1. The Conjuring


Siapa yang tak tahu The Conjuring? Film ini menjadi bahan pembicaraan hangat di tahun 2013 karena kisah horornya yang tak biasa dan didasarkan pada kenyataan. The Conjuring menceritakan tentang pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren yang dimintai tolong untuk mengusir hantu dari sebuah rumah peternakan milik keluarga Perron. Semua hal dalam cerita tersebut didasarkan pada kisah nyata, terutama kasus yang berkaitan dengan boneka Annabelle pada awal film. Namun tentu saja properti yang digunakan dan rumah yang digunakan bukan peralatan asli yang digunakan oleh pasangan Warren.

FIlm ini pun mendapatkan persetujuan dan klarifikasi dari keluarga Perron yang mengalami kejadian itu sendiri. Bahkan April Perron, anak bungsu keluarga tersebut datang ke peluncuran film The Conjuring. April menjelaskan bahwa ketika itu dia yang paling muda dan paling rapuh. Dia yang paling sering didatangi oleh hantu tersebut dan sebenarnya berteman dengan hantu anak laki-laki yang ada di rumahnya.

2. The Haunting in Connecticut


Film ini menceritakan kisah keluarga yang baru saja pindah rumah lebih dekat ke rumah sakit agar anaknya yang terkena kanker lebih mudah berobat. Namun mereka tak tahu bahwa rumah tersebut dulunya digunakan sebagai rumah duka. Tampaknya peralatan yang berkaitan dengan mayat masih tersisa di ruang bawah tanah rumah tersebut, dan dihantui sehingga membuat mereka tak tenang.

Kisah ini diambil dari kejadian nyata yang dialami oleh keluarga Snedeker yang tinggal di Southington pada tahun 1880-an. Setelah menyewa rumah baru, Carmen Snedeker menemukan bahwa rumah tersebut dulunya adalah rumah duka. Mereka mengalami hal-hal yang menakutkan dan mengganggu. Setelahnya mereka meminta pasangan Warren untuk menginvestigasi rumah tersebut. Film ini juga dibuat berdasarkan buku Dark Place: The Story of True Haunting yang ditulis oleh Ray Garton.

3. The Amityville Horror


 Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang mengalami kejadian-kejadian aneh di rumah baru mereka. Setahun sebelumnya, pembunuhan baru saja dilakukan di rumah tersebut. Kisah ini terinspirasi dari kejadian nyata yang dialami oleh keluarga Lutz. mereka pindah ke rumah di New York 13 bulan setelah Ronald Defeo membunuh orang tua dan saudaranya sendiri di rumah itu. Keluarga Lutz hanya tinggal selama 28 hari karena mereka sering mengalami gangguan aneh yang menyeramkan.

Meski begitu banyak yang meragukan kisah nyata dari film ini. Tetangga sekitar rumah tersebut mengatakan bahwa tak ada hal aneh yang terjadi pada rumah tersebut dan polisi yang melakukan investigasi tak melihat adanya kejanggalan. Namun ini tak menghentikan produsen film untuk membuat film Amityville Horror dan mengklaimnya sebagai kisah nyata.

4. The Exorcist


Sesuai judulnya, film ini menceritakan tentang dua orang pengusir setan yang berusaha mengeluarkan makhluk halus bernama Pazuzu dari seorang gadis kecil. Film ini dibuat berdasarkan pengalaman seorang anak laki-laki berusia 13 tahun dari maryland. Anak yang disebut bernama Roland Doe ini diketahui mencoba berkomunikasi dengan bibinya yang telah meninggal melalui papan Ouija.

Alhasil, Roland mengalami kerasukan. DIa diketahui suka menjauh dari obyek-obyek keagamaan dan suaranya seolah bukan suara anak kecil berusia 13 tahun. Salah satu pendeta bahkan pernah melihat tulisan "Hell" atau neraka pada salah satu bagian tubuhnya. Setelah melakukan beberapa kali pengusiran setan, Doe pun kembali normal.

5. The Exorcism of Emily Rose


 Film yang dibuat tahun 2005 ini bercerita tentang seorang gadis bernama Emily Rose yang mengalami kerasukan. Emily Rose memang sebenarnya tak ada, namun ada Anneliese Michel. Sama dengan cerita pada film tersebut, Michel mengalami beberapa keanehan pada tubuhnya seperti tak bisa mengendalikan gerakan tubuh dan tubuhnya sering bergetar. Awalnya dokter mengira Michel memiliki penyakit, namun lama-kelamaan kelakuan gadis ini semakin aneh. Dia mulai sering menyerang keluarganya, minum urine miliknya sendiri dan menjauh dari benda-benda keagamaan.

Akhirnya keluarganya meminta pendeta untuk melakukan pengusiran setan. Anneliese kemudian dikabarkan meninggal pada tahun 1976 karena pneumonia. Selama hidupnya dia menjalani 40 kali pengusiran setan.

Itulah beberapa film yang terinspirasi dari kisah nyata. Bagaimana pendapat kalian jika dibandingkan dengan film yang jelas hanya berdasarkan fiksi?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template