Comments

Friday, October 25, 2013

5 Alergi aneh dan langka yang diderita manusia

Posted by at 11:22 PM Read our previous post

Alergi selai kacang atau makanan laut mungkin sudah biasa. Namun bagaimana dengan alergi sinar matahari dan air? Ternyata ada orang yang mengalaminya!

Lantas bagaimana cara penderita alergi aneh dan langka tersebut menghadapi kondisinya? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

. Matahari

Memang banyak orang yang bisa terbakar kulitnya jika terkena paparan sinar matahari. Orang-orang tersebut pun akhirnya menggunakan tabir surya untuk menangkal kondisi kulit terbakar.

Namun jika alergi terhadap sinar matahari, penderita akan mengalami kulit memerah, muncul bintik-bintik, rasa gatal tak terkira, dan sakit kepala. Kondisi ini aneh dan langka yang biasa disebut dengan porphyria atau penyakit vampir.

2. Sepatu

 Bagaimana mungkin ada manusia yang alergi terhadap sepatu? Well, sebenarnya bukan sepatu, tetapi bahan dari sepatu. Sehingga jika memakai sepatu, kaki akan langsung terasa gatal dan sakit.

Kebanyakan orang yang menderita alergi bahan sepatu perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Namun ada pula yang akhirnya menanggalkan sepatu karena malas jika harus repot memilih sepatu yang tepat.

3. Olahraga

 Mungkin kondisi alergi olahraga hanya terdengar seperti bualan dan mengira seseorang yang menderita alergi ini sebenarnya hanya pura-pura. Namun alergi olahraga benar-benar ada.

Jika berolahraga, penderita alergi akan langsung bersin, mual, dan kulit terasa gatal. Gejalanya mirip seperti alergi terhadap makanan. Untungnya, obat tertentu bisa membantu penderita alergi olahraga untuk meredakan kondisinya.

4. Udara dingin

Tubuh biasanya menggigil jika kedinginan. Namun ternyata ada orang yang benar-benar tidak tahan jika berada di kondisi udara dingin. Sehingga kulit akan muncul bintik-bintik, memerah, dan terasa gatal saat alergi menyerang.

Jika dibiarkan, penderita alergi udara dingin yang nekat berenang di air bersuhu rendah bisa pingsan, terjadi kerusakan otak, hingga kematian.

5. Air

Sulit membayangkan hidup tanpa air. Tidak mandi, tidak hujan-hujan, tidak berenang, tidak menangis, bahkan tidak berkeringat. Namun ada orang yang menderita alergi air dan akan mengalami sakit kepala hebat jika bersentuhan dengan air.

Kabar baiknya, penderita alergi air tetap bisa minum air putih dan cairan lainnya. Sebab alergi hanya bereaksi jika kulit bagian luar bersentuhan dengan air.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template