Comments

Tuesday, October 22, 2013

10 Hal yang dilakukan orang sukses saat makan siang

Posted by at 5:05 AM Read our previous post

Apa yang kalian lakukan saat makan siang? Menunda makan siang atau malah makan siang di meja kerja? Tahan dulu dan jangan lakukan kebiasaan itu lagi sebelum kalian membaca artikel ini. Banyak orang yang melewatkan makan siang karena banyaknya pekerjaan. Padahal makan siang adalah kesempatan yang baik untuk menyegarkan pikiran dan mengisi energi untuk kembali bekerja.

Penelitian mengungkap bahwa aktivitas di luar pekerjaan yang dilakukan saat makan siang bisa membuat seseorang lebih produktif. Dan ini diakui oleh banyak orang sukses. Kegiatan apa saja yang harus dilakukan saat makan siang agar kalian lebih produktif? Berikut rinciannya, seperti dilansir oleh Huffington Post

1. Meninggalkan meja kerja

Michael Kerr, presiden Humor at Work mengatakan bahwa tinggal di meja kerja saat jam makan siang adalah hal terlarang baginya. Selain terus-terusan duduk sepanjang hari bisa buruk untuk kesehatan, pergi dari meja kerja selama makan siang sangat penting. Kalian bisa melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan seperti berjalan-jalan sebentar untuk menyegarkan pikiran dan membuat tubuh kalian bergerak. Pikiran segar, tubuh kalian juga lebih sehat.

2. Pergi keluar kantor

 Peneliti di University of Michigan menemukan bahwa partisipan yang pergi ke tempat alami memiliki ingatan dan kinerja yang lebih baik. Untuk itu, ketika makan siang kalian bisa keluar kantor dan berjalan-jalan ke taman yang memiliki banyak tanaman. Selain meningkatkan kinerja otak, kalian juga bisa menyegarkan pikiran.

3. Olahraga

Steve Cooper, editor in chief dari Hitched Magzine mengatakan bahwa setiap hari selama jam makan siang dia berolahraga. Menurutnya endorfin yang dihasilkan setelah berolahraga memberikan dorongan dan energi lebih baginya untuk bekerja di siang dan sore hari.Otak pun kembali tajam setelah berolahraga.

4. Membaca

Tor Myhren, eksekutif penjualan E-Trade mengatakan bahwa jam makan siang adalah saat yang tepat untuk mencari informasi melalui membaca, baik membaca majalah, buku, menonton film, atau lainnya. Informasi ini digunakan untuk mencari inspirasi. Dia memanfaatkan jam makan siang untuk membiarkan pikirannya mencari ide-ide kreatif melalui membaca.

5. Makan makanan sehat

Ketika makan siang, para orang sukses tak mengonsumsi sembarang makanan. Mereka mencari makanan sehat. Penelitian terbaru pun mengungkap bahwa orang yang mengonsumsi makanan sehat memiliki kinerja 25 persen lebih baik di tempat kerja.

6. Tak makan berlebihan

Pastikan ketika makan siang, kalian tak mengisi perut terlalu penuh. Selain menyebabkan ngantuk di sore hari, makan berlebihan juga tak baik untuk produksi insulin tubuh. Tingkat gula darah akan menurun dan membuat kalian merasa lelah dan depresi setelahnya.

7. Makan bersama kolega

Pakar karir Anita Attridge menjelaskan pada Forbes bahwa makan siang adalah saatnya menjalin komunikasi dan memperluas jaringan. Untuk itu, manfaatkan kesempatan saat jam makan siang untuk bertemu dan berkumpul dengan kolega-kolega kalian. Makanan juga bisa memberikan dampak sosial, jadi mulai besok jangan makan siang sendirian, ajak kolega kalian.

8. Makan bersama musuh

 Makan siang tak hanya bisa digunakan untuk membangun jaringan dengan kolega, tetapi juga dengan pesaing bisnis atau pekerjaan kalian. Kalian tak akan menyangka apa yang bisa terjadi dengan mengajak makan pesaing bisnis. Bisa jadi kalian justru sependapat dalam banyak hal dan menjadi rekan bisnis. Siapa yang tahu?

9. Mendengarkan musik

 Mendengarkan musik bisa menghilangkan stres yang kalian rasakan selama bekerja. Mayo Clinic menjelaskan bahwa mendengarkan musik juga bisa menurunkan ketegangan otot dan menurunkan tingkat depresi seseorang. Jadikan jam makan siang menjadi waktu untuk rehat dan menghilangkan stres sejenak.

10. Tidur siang

 Ya, tidur siang saat jam makan siang bukan berarti kalian pemalas. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan kinerja kognitif seseorang. Arianna Huffington bahkan membuat tempat khusus untuk tidur siang bagi karyawan Huffington Post. Menurutnya yang terpenting ketika bekerja adalah energi. Menurutnya bukan berapa jam seseorang bekerja yang paling penting, namun berapa persen pikiran mereka ketika bekerja.

Itulah beberapa kebiasaan orang sukses ketika jam makan siang. Apakah kalian sudah mulai menerapkannya? Jika belum, ayo coba lakukan! Jangan hanya duduk di meja kerja di jam makan siang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template