Comments

Tuesday, October 22, 2013

9 Cara 'berlibur' tanpa meninggalkan meja kerja

Posted by at 5:10 AM Read our previous post
Ingin berlibur namun masih terjebak di meja kerja? Jangan khawatir, kalian masih tetap bisa melakukannya. Berlibur tak berarti kalian harus bepergian ke tempat yang indah. Yang terpenting adalah bisa menenangkan diri dan menyegarkan pikiran.

Menyegarkan pikiran bisa dilakukan tanpa pergi ke mana pun. Tak semua orang bisa bepergian karena keterbatasan waktu atau uang. Jika kalian ingin mendapat manfaat yang sama dengan berlibur tanpa harus meninggalkan meja kerja, ini dia caranya, seperti dilansir oleh Inc.com

1. Meditasi

 Berlibur dilakukan untuk mengistirahatkan pikiran. Ini bisa kalian lakukan dengan bermeditasi. Melakukan meditasi dengan mendengarkan musik instrumental atau suara-suara natural lewat headphone bisa membuat pikiran lebih tenang dan fresh.

2. Nonton film atau video

 Streaming siaran televisi bisa menjadi hiburan tersendiri ketika kalian tak bisa meninggalkan meja kerja. Namun jika kalian tak suka dengan siaran televisi, kalian bisa mencoba menonton film atau video yang membuat kalian terhibur atau terinspirasi. Menonton video lucu bisa membuat kalian melepaskan lelah dan stres akibat pekerjaan. kalian juga bisa mendapatkan inspirasi dan ide kreatif dengan melihat film atau video yang menarik.

3. Membaca fiksi

Novel atau cerita pendek adalah salah satu bentuk hiburan paling murah dan mudah didapatkan. Novel atau cerpen juga mudah dinikmati di manapun. Jika buku non-fiksi dan buku-buku bisnis lainnya membuat pikiran kalian terus bekerja, maka buku-buku fiksi akan membuat otak santai dan terhibur. Membaca buku juga bisa menjauhkan kalian sejenak dari elektronik dan internet.

4. Lakukan yoga

Memang tak mudah untuk melakukan aktivitas fisik di meja kerja, dan apapun bentuknya seringkali tak akan membuat kalian berkeringat. Namun teknik yoga bagian tubuh atas dengan bernapas juga bisa melepaskan lelah secara fisik maupun psikis. Ingat untuk fokus pada napas kalian untuk membersihkan otak dari hal-hal yang membuat stres.

5. Bermain puzzle

 Bagi beberapa orang, melakukan permainan seperti puzzle atau sudoku bisa membuat mereka terhibur dan bersantai. Kedua permainan ini memang sama-sama menggunakan otak, namun tentunya berbeda dengan menggunakan otak untuk pekerjaan. Namun di saat yang sama permainan ini juga meningkatkan kemampuan kalian dalam hal menyelesaikan masalah. Pencapaian sederhana yang kalian dapatkan dari permainan ini akan membuat kalian bersemangat lagi untuk melakukan pekerjaan.

6. Ungkapkan perasaan lewat tulisan

Terkadang stres dan pikiran yang seolah penuh diakibatkan oleh hal-hal yang tak terungkap. Tak jarang juga orang melakukan liburan untuk melarikan diri dari masalah yang tengah mereka hadapi. Jangan melarikan diri dari masalah, coba hadapilah. Jika kalian merasa stres dan memendam masalah, cobalah untuk menuangkannya melalui tulisan. Menulis dengan jujur mengenai hal-hal yang membuat kalian stres bisa menghilangkan beban dari pikiran. Tak hanya untuk hal-hal negatif, kalian juga bisa mencoba menulis tulisan terima kasih atau hal-hal yang menyenangkan untuk meningkatkan semangat.

7. Menelepon teman

Tak ada yang lebih menyenangkan dan menenangkan daripada menelepon teman baik, baik yang sering kalian jumpai atau yang sudah lama tak bertemu dengan kalian. Percakapan dengan teman dan sahabat biasanya dipenuhi dengan cerita, tawa, dan emosi yang kuat. Ini akan membuat kalian seolah berada di tempat lain dengan suasana berbeda. Kalian bisa kembali bersemangat setelahnya.

8. Bersihkan meja kerja

Jangan remehkan hal-hal yang berserakan di meja kerja kalian. Membersihkannya bisa saja memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, meja yang berantakan bisa menjadi sumber masalah bagi beberapa orang. Bagaimana jika kalian mencoba untuk membersihkannya? Membersihkan meja kerja dan memilah-milah barang yang penting serta tak penting bisa memberikan efek terapi untuk menenangkan otak. Setelahnya, melihat meja kerja yang bersih dan berkilau akan membuat kalian kembali bersemangat saat bekerja.

9. Rencanakan liburan

 Jika kalian benar-benar ingin berlibur ke suatu tempat, coba pikirkan tempat tersebut meski kalian sedang berada di meja kerja. Sebelum benar-benar pergi ke sana, kalian bisa merencanakan terlebih dulu liburan yang kalian inginkan secara matang. Merencanakan liburan bisa mengurangi stres yang dirasakan seseorang dan membuatnya semangat bekerja. Kenapa? Karena mereka mengetahui bahwa liburan yang sesungguhnya sudah menanti di ujung minggu, dan mereka hanya tinggal menghitung hari.

Itulah beberapa bentuk 'liburan' yang bisa kalian coba saat tengah terjebak di meja kerja. Setidaknya cara-cara di atas bisa membantu kalian menghadapi stres, menyegarkan pikiran, serta menenangkan diri sebelum kalian pergi untuk liburan yang sesungguhnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template