Comments

Tuesday, October 22, 2013

5 Tips agar tidur dan bangun secara teratur setiap hari

Posted by at 4:58 AM Read our previous post

Tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan. Disiplin dalam tidur ini sayangnya masih jarang dilakukan oleh banyak orang. Jadi coba simak tips agar tidur dan bangun secara teratur setiap hari seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Jangan menunda

Ketika tubuh sudah terasa lelah dan Anda menguap berkali-kali, artinya tubuh sedang memberitahu bahwa sudah waktunya Anda beristirahat. Jadi jangan abaikan atau menunda waktu istirahat ketika tubuh sudah memberikan sinyal tersebut.

Makan dan minuman bergizi

Sebelum dan setelah tidur, biasakan untuk selalu mengonsumsi air putih. Sementara untuk makanan, hindari makan dua jam sebelum tidur demi melancarkan pencernaan. Konsumsi makanan dan minuman bergizi ini penting untuk mendukung jam istirahat yang maksimal.

Membuat jurnal

Bukan cuma orang yang sedang diet saja yang butuh jurnal, Anda juga sebaiknya membuat jurnal tidur. Catat waktu di mana Anda merasa lebih sering mengantuk, kemudian temukan sebabnya. Dengan begitu, Anda bisa mengatur jam tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Matikan ponsel

Sebelum tidur, matikan ponsel dan semua alat elektronik yang bisa mengganggu istirahat. Ponsel pun bisa dimanfaatkan sebagai alarm sehingga Anda bisa bangun keesokan paginya pada waktu yang sama setiap hari.

Meminta bantuan

Jika semua cara sudah dicoba tetapi jam tidur tak juga teratur, coba hubungi dokter. Berkonsultasi dengan ahlinya tentu akan membantu Anda dalam mengatasi masalah tentang tidur.

Pastikan Anda tidur selama tujuh sampai delapan jam sehari. Selain itu, jangan tidur di atas jam tengah malam atau bangun kesiangan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template