Comments

Saturday, October 12, 2013

Jupiter dan Saturnus, dua planet surga tambang berlian

Posted by at 5:34 AM Read our previous post
Planet Jupiter dan Saturnus dilaporkan memiliki kadar berlian yang melimpah baik berbentuk padat atau bahkan cairan.

Berlian sendiri di Bumi merupakan batuan yang sangat berharga. Namun, batuan ini ditemukan dalam jumlah berlimpah di kedua planet tersebut. Bahkan dikabarkan jika pada planet Jupiter dan Saturnus, ada mungkin ditemukan apa yang disebut diamondbergs atau berlian cair.

Dilansir Softpedia (10/10), laporan ini sendiri berasal dari sebuah studi baru oleh para ilmuwan planetary dari Mona Delitsky California dan ilmuwan bernama Kevin H. Baines dari University of Wisconsin - Madison, berhasil menemukan titik terang seperti kilauan berlian di kedua planet tersebut namun dalam jumlah besar.
Memang sudah lama diketahui bahwa berlian dapat ditemukan di planet selain Bumi seperti di Uranus atau Neptunus , tetapi Saturnus dan Jupiter sebelumnya dianggap terlalu panas dan terlalu besar untuk memungkinkan pembentukan berlian solid.

Diamond yang berbentuk karbon seperti grafit memang akan mengeras dalam kondisi tertentu. Namun para ilmuwan saat ini telah memiliki gambaran yang lebih akurat tentang kondisi di Saturnus dan Jupiter, menyebutkan jika tekanan dan suhu di kedua planet tersebut dapat mengubah karbon menjadi berlian baik dalam bentuk cair dan padat.

Hasil temuan baru ini menunjukkan bahwa berlian yang solid dapat terbentuk di kedalaman tanah Saturnus dan Jupiter, di mana suhu dan tekanannya cukup tinggi. Sedangkan Berlian yang terpendam terlalu dalam akan menuju pusat planet yang mana suhu akan meningkat sangat tinggi dan tekanan mengubah berlian tersebut menjadi cairan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template