Comments

Friday, December 20, 2013

4 Makanan yang baik untuk kesehatan mulut

Posted by at 7:41 PM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan


Mengunyah bisa memproduksi semakin banyak air liur yang baik untuk kesehatan gigi. Air liur bisa menghilangkan rasa asam sehingga gigi Anda tak akan mudah berlubang. Air liur juga mengandung kalsium dan fosfat yang meningkatkan pertahanan enamel.

Selain air liur, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk melindungi kesehatan gigi. Apa saja? Ini dia, seperti dilansir oleh Best Health.

1. Permen tanpa gula

Memakan permen, terutama permen karet bisa meningkatkan produksi saliva yang baik untuk kebersihan dan kesehatan gigi. Saliva yang dihasilkan ketika mengunyah permen karet akan mengontrol pH dalam mulut dan menjaga agar gigi tidak mudah berlubang. Namun pastikan Anda mengonsumsi permen karet yang tidak mengandung gula agar tak membahayakan gigi.

2. Keju

Keju baik untuk gigi dan mulut karena mengandung pH yang tinggi. pH tinggi yang dimiliki oleh keju bisa menetralisir pH asam yang bisa membuat gigi cepat berlubang. Jika Anda mengonsumsi makanan yang manis, dan ada keju di sekitar Anda, sebaiknya tutup makanan dengan mengonsumsi keju.

3. Cranberry

Selama ini cranberry dikenal sebagai buah yang ampuh mencegah infeksi kandung kemih. Padahal buah ini juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Zat dalan cranberry ditengarai bisa mengatasi lubang dalam gigi dan penyakit mulut.

4. Cemilan sehat

Cemilan yang sehat tak akan merusak gigi Anda, justru bisa menguatkan gigi dan ikut menyehatkan mulut. Beberapa cemilan sehat yang bisa Anda konsumsi adalah buah segar, sayuran mentah, yogurt, kuaci, kacang, dan telur rebus. Menurut dokter gigi asal Kanada Dr Alastair Nicoll, makanan tersebut mengandung gula yang tak mudah dipecah menjadi asam, sehingga baik untuk gigi.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain itu, pastikan Anda juga merawat dan menjaga kebersihan mulut agar tak mudah terkena penyakit. Selamat mencoba!

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template