Comments

Friday, December 6, 2013

5 Alasan minum kopi buruk untuk kesehatan

Posted by at 4:21 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/labe/alasan

Tak bisa memulai hari tanpa kopi? Minum banyak kopi setiap hari dan merasakan gejala yang aneh jika harus meninggalkan kopi? Ada dua kabar buruk untuk Anda. Pertama adalah kemungkinan Anda mengalami kecanduan kopi. Yang kedua, jika kebiasaan minum kopi seperti itu dilanjutkan, bisa-bisa kopi akan merusak kesehatan Anda.

Tak percaya? Berikut adalah beberapa alasan mengapa minum kopi berlebihan tak baik untuk kesehatan, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Mengandung kafein

 Salah satu komposisi utama kopi adalah kafein. Kafein yang terkandung di dalamnya adalah alasan utama mengapa kopi buruk untuk kesehatan Anda. Kafein bisa menyebabkan naiknya tekanan darah, kekurangan zat besi dan kalsium, serta memicu kecemasan. Selain itu, kafein juga meningkatkan produksi hormon stres dan bisa menyebabkan insomnia.

2. Meningkatkan risiko stroke

 Orang yang sudah berusia lanjut dan memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya waspada ketika minum kopi. Penelitian menunjukkan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi setiap hari bisa meningkatkan kemungkinan stroke. Semakin banyak kopi yang diminum, semakin tinggi juga risiko stroke dan arthritis pada manula.

3. Osteoporosis

Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa meningkatkan hormon adrenal dan meningkatkan estrogen pada tubuh. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan osteoporosis. Kafein juga bisa meningkatkan kadar asam dalam tubuh dan menghilangkan kalsium secara perlahan dari tubuh. Ini membuat tubuh semakin kekurangan kalsium dan menyebabkan tulang cepat rapuh.

4. Menurunkan kadar vitamin B

 Minum kopi bisa membuat Anda segar dan kembali berenergi, padahal yang terjadi justru sebaliknya. Minum terlalu banyak kopi bisa menurunkan suplai vitamin B yang berfungsi untuk memberikan energi pada tubuh. Kurangnya vitamin B12 dan B6 karena terlalu banyak minum kopi bisa mengganggu tingkat homocysteine dalam tubuh. Akibatnya, Anda bisa terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya.

5. Sebabkan penyakit ganas

 Yang satu ini memang tak berkaitan langsung dengan kopi, namun pada cara perawatannya. Kopi ditumbuhkan dengan menyemprotkan pestisida ke tanaman kopi. Hal ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari kanker, Parkinson, dan bahkan keguguran.

Selain hal-hal di atas, mengonsumsi kafein terlalu banyak juga bisa meningkatkan kadar kolesterol buruk pada tubuh. Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi banyak kopi setiap hari, sebaiknya mulai kurangi. Minum kopi tak masalah selama pada jumlah yang wajar dan tak sampai membuat Anda kecanduan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template