Comments

Wednesday, December 4, 2013

Kontrol gula darah dalam tubuh dengan 7 makanan ini

Posted by at 6:01 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh penting demi kesehatan. Jika gula darah terlalu tinggi Anda bisa terkena diabetes. Sementara jika gula darah terlalu rendah, Anda bisa mengalami hypoglycemia. Mengonsumsi makanan yang benar dan tepat bisa dilakukan untuk menjaga tingkat gula dalam darah.

Selain rajin berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh, berikut adalah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh agar selalu stabil, seperti dilansir oleh Boldsky

1. Apel

Makan satu apel sehari bisa menjauhkan dokter dan penyakit. Ungkapan itu terbukti benar. Apel adalah buah penuh nutrisi yang tak hanya enak tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi apel secara teratur bisa menurunkan risiko diabetes hingga 20 persen.

2. Buah citrus

 Beberapa jenis buah citrus seperti jeruk, lemon, atau jeruk nipis mengandung anti-oksidan dan kaya akan nutrisi. Selain itu serat dan vitamin C yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh.

3. Kacang

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang tanah bisa membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes yang disebabkan oleh tingkat gula darah yang terlalu tinggi. Kacang-kacangan ini kaya serat dan protein yang bisa membantu menyehatkan tubuh. Namun sebaiknya jangan mengonsumsi kacang terlalu berlebihan karena kalori tinggi yang dihasilkannya.

4. Alpukat

Alpukat mengandung banyak serat larut yang bisa menurunkan kecepatan proses pencernaan. Dengan begitu, alpukat mencegah tubuh untuk memproduksi insulin terlalu banyak dan gula darah melonjak dengan cepat. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak yang baik untuk tubuh dan bisa mengontrol nafsu makan.

5. Kayu manis

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setengah sendok teh kayu manis setiap hari bisa membuat sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin. Dengan begitu, kayu manis juga bisa mengontrol gula darah dalam tubuh dan mencegah diabetes.

6. Ikan

Ikan adalah alternatif sehat untuk menggantikan daging merah. Ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti sarden dan salmon bisa menurunkan tingkat kolesterol serta risiko terkena diabetes pada tubuh.

7. Oatmeal

 Oatmeal mengandung serat larut yang bisa menjaga tingkat gula darah tetap stabil. Hal ini karena energi yang dihasilkan dari mencerna oatmeal dilepaskan secara bertahap dan stabil. Selain membantu Anda mengontrol nafsu makan, oatmeal juga mencegah tubuh terkena diabetes.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu menjaga tingkat gula darah dalam tubuh. Mengonsumsi makanan di atas bisa mencegah gula darah melonjak drastis yang berujung pada diabetes.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template