Comments

Monday, January 6, 2014

6 Cara unik untuk membersihkan gigi

Posted by at 6:01 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/cara%2Ftrik

Sedang bepergian dan lupa membawa sikat gigi? Jangan khawatir, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan gigi tanpa menggunakan sikat gigi atau dental floss sekalipun. Meski cara-cara ini terdengar tak biasa, namun cara ini terbukti bisa membersihkan gigi Anda.

Berikut adalah beberapa cara unik untuk membersihkan gigi, seperti dilansir oleh Best Health.

1. Kayu manis

 Penelitian di University of Illinois, Chicago, menemukan bahwa kayu manis atau bahkan permen karet yang memiliki rasa kayu manis bisa mengurangi bakteri dalam mulut. Alasannya? Kayu manis mengandung cinnamic aldehyde, zat yang memberikan rasa dan warna pada kayu manis. Zat ini bisa mencegah terjadinya lubang pada gigi yang disebabkan oleh bakteri.

2. Makanan yang 'menggosok' gigi

 Konsumsi makanan yang bisa membantu membersihkan gigi ketika dikunyah atau dikonsumsi. Misalkan Anda bisa mencoba makan apel, wortel, seledri, atau popcorn yang tidak mengandung pemanis. Untuk hasil terbaik, konsumsi makanan itu sebagai makanan penutup setelah makan besar.

3. Minum teh

 Flavonoid yang ada dalam teh bisa mencegah bakteri menempel pada gigi. selain itu, zat dalam teh juga bisa mencegah produksi gula yang menyebabkan lubang pada gigi. Teh juga mengandung fluoride yang tinggi sehingga bisa menguatkan gigi.

4. Mouthwash tanpa alkohol

 Mencuci mulut dengan mouthwash yang tidak mengandung alkohol setelah makan bisa membantu membersihkan gigi. Pilihlah mouthwash yang tidak mengandung alkohol karena sebuah penelitian mengungkap bahwa mouthwash yang mengandung alkohol bisa meningkatkan risiko kanker mulut.

5. Minum air

 Minum segelas air setiap jam bisa membantu membersihkan mulut. Semakin banyak air yang diminum, semakin banyak bakteri yang bisa dibersihkan dari gigi dan mulut. Dengan kata lain, minum lebih banyak air setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit gusi, mencegah gigi berlubang, dan menyegarkan napas.

6. Permen karet yang mengandung xylitol

 Jika ingin mengurangi bakteri buruk pada mulut, Anda bisa mengunyah permen karet yang mengandung xylitol. Beberapa butir xylitol setiap hari akan mengubah nuansa dalam mulut dan mencegah gigi berlubang.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan gigi tanpa menggunakan sikat gigi. Namun sebaiknya lakukan hal di atas jika Anda tak bisa menemukan sikat gigi atau dental floss. Meski cara di atas bisa digunakan, jangan tinggalkan kebiasaan menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan dental floss.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template