Comments

Friday, December 6, 2013

6 Bahan dapur 'ajaib' untuk kulit sehat idaman

Posted by at 4:51 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Setiap bulannya, wanita selalu menyisihkan dana khusus untuk perawatan kecantikan. Dari mulai facial rutin yang hanya bertujuan untuk membersihkan kulit wajah secara mendalam secara rutin, hingga chemical peeling yang bertujuan untuk menghilangkan noda atau flek hitam, semua memiliki kisaran harga yang tidak bisa dibilang murah. Namun, pengeluaran yang besar untuk perawatan kecantikan itu bisa Anda siasati dengan cara alami di rumah. Dilansir dari Woman's Day, di bawah ini adalah daftar bahan dapur yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti perawatan kecantikan yang mahal di klinik langganan Anda.

1. Baking soda

Butiran baking soda bekerja dengan cara yang sama seperti butiran scrub yang ada di sabun cuci muka Anda. Selain teksturnya yang cocok untuk semua jenis kulit, kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah Anda sangat ampuh. Menurut Janice Cox, penulis Eco Beauty, kandungan antiseptik yang ada dalam baking soda juga mampu menjauhkan wajah Anda dari ancaman jerawat yang menyebalkan.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari baking soda, buat scrub berbentuk pasta dengan cara mencampur 4 sendok teh baking soda dengan 1 sendok makan air bersih.

Tunggu selama 2 menit, lalu gosokkan dengan gerakan memutar pada seluruh wajah (kecuali area mata) dan leher. Setelah kurang lebih 3 menit, bilas dengan air hangat. Percikkan air dingin sesudahnya untuk meringkas pori-pori. Akhiri proses perawatan ini dengan mengoleskan moisturizer andalan Anda di seluruh wajah dan leher. Bagi Anda yang memiliki kulit normal/berminyak, lakukan perawatan baking soda ini seminggu sekali. Sedangkan Anda yang memiliki kulit cenderung kering, lakukan perawatan ini 2 minggu sekali.

2. Lemon

 Asam sitrat yang terdapat pada lemon mampu mengelupas kulit mati yang ada di area siku, tumit, dan bagian-bagian tubuh yang kasar lainnya. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda cukup membelah lemon menjadi dua, lalu mengoleskan juice-nya ke area yang terasa kasar. Gosokkan selama beberapa detik, jika perlu Anda bisa menggunakan loofah atau foot file. Setelah dirasa cukup lembut, bilas dengan air bersih.

3. Kopi

 Sudah pernah mendengar manfaat ampas kopi untuk melawan selulit yang bandel di area paha? Sebaiknya ampas kopi sisa di pagi hari jangan Anda buang begitu saja. Manfaatkan bahan sisa ini sebagai peluruh air untuk jaringan lemak di bawah kulit paha Anda, seperti yang disarankan Marta Wohrle dariTruthInAging.com, sehingga selulit jadi tampak lebih samar.

Guna mendapatkan manfaat maksimal dari ampas kopi, Anda dapat mencampurkan 2 sendok makan ampas kopi (non-decaffeinated) dengan 4 sendok teh minyak zaitun. Gosokkan pasta ini selamat 2 menit pada bagian yang berselulit lalu bilas sampai bersih.

4. Daun mint

Mungkin selama ini Anda hanya memanfaatkan daun mint sebagai penyegar di seduhan teh Anda. Namun ternyata daun minta memiliki khasiat untuk mengecilkan jerawat dan menyamarkan bekasnya. Menurut Brian Bonanni, MD, seorang ahli dermatologi dari New York's Gotham LASIK & Skincare, daun mint mengandung menthol dan menthone yang berguna untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit akibat jerawat. Kandungan astringen-nya juga dapat mengurangi kadar minyak pada wajah sehingga mampu menjauhkannya dari jerawat.

Blender setangkup kecil daun mint dengan 1 sendok teh perasan air jeruk lemon (asam dari jeruk lemon mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat dengan mengubah pH kulit). Oleskan campuran ini ke bagian yang berjerawat atau yang terdapat bekas jerawat, diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Ulangi 2x sehari.

5. Ginger ale

 Minuman bersoda yang satu ini ternyata mampu menyehatkan kuku-kuku Anda. Menurut Dawn Gallagher, penulis dari Nature's Beauty Secrets, ginger ale mengandung monopotassium fosfat, sodium benzoat dan potassium sorbat yang dapat berfungsi sebagai emulsifier yang dapat memutihkan kuku-kuku Anda. Cara memanfaatkannya, celupkan kuku-kuku Anda selama 10 menit ke dalam semangkuk ginger ale, lakukan 2 kali seminggu.

6. Parsley

Anda sering dibuat kesal oleh lingkaran hitam di bawah mata yang membuat Anda terlihat selalu lelah? Coba manfaatkan parsley untuk menyamarkannya. Parsley diklaim mengandung vitamin K yang mampu mengurangi aliran darah ke bagian mata yang dapat menyebabkan lingkaran hitam. Beberapa orang memiliki kulit bawah mata yang tipis, sehingga aliran darah yang kaya pada pembuluh di bagian tersebut dapat menimbulkan warna gelap. Seiring usia, kulit tersebut semakin tipis, lingkaran hitam pun semakin terlihat.
Blender parsley dengan yoghurt, yang memiliki efek meng-hidrasi dan mendinginkan kulit.

 Oleskan di bagian yang menghitam, diamkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air hangat suam-suam kuku.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template