Comments

Wednesday, December 4, 2013

7 Alasan kenapa makan berlebihan menjadi kebiasaan

Posted by at 5:55 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/alasan

Apakah Anda sering merasa lapar walau telah makan beberapa waktu sebelumnya? Apabila Anda mengalami hal tersebut maka secara otomatis Anda pasti akan menambah porsi makan atau mengulangi makan untuk kedua kalinya. Lama-kelamaan hal ini akan menjadi kebiasaan bagi Anda dalam menambah porsi makanan. Akibatnya, bisa ditebak kebiasaan buruk ini akan menambah berat badan Anda.

Berikut adalah alasan kenapa Anda makan secara berlebihan seperti dilansir dari magforwomen.com.

Anda melewatkan sarapan
Selain Anda, ada banyak orang yang masih menganggap bahwa sarapan adalah jam makan yang tidak terlalu penting. Padahal jika Anda melewatkan sarapan, maka Anda akan cenderung untuk makan lebih banyak saat makan siang yang tentu saja akan menambah berat badan Anda.

Anda menggunakan piring yang besar
Hindari menggunakan piring dan mangkuk yang besar sebagai alat makan. Karena dengan menggunakan piring atau mangkuk yang besar, Anda cenderung akan mengambil makanan lebih banyak. Akibatnya Anda pun juga akan mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya.

Anda menonton TV sambil makan
Jangan pernah makan sambil menonton TV. Perhatian Anda pada makanan akan terpecah dengan acara televisi yang Anda tonton sehingga Anda tidak sadar sudah berapa banyak makanan yang Anda konsumsi.

Ada banyak makanan di depan Anda
Dengan banyaknya pilihan makanan di depan Anda, maka Anda pasti akan tergoda untuk mencicipi semua makanan. Dan bisa ditebak, Anda akan makan secara berlebihan dan akhirnya menjadi kebiasaan.

Anda memanjakan diri Anda
Memanjakan diri terutama setelah bekerja keras seharian dengan mengonsumsi makanan yang Anda sukai memang menyenangkan. Namun jangan sampai Anda terlalu berlebihan dalam melakukannya dengan asumsi bahwa Anda berhak untuk mengonsumsi makanan sebanyak apapun karena Anda telah bekerja dengan sangat keras.

Anda tidak nyemil
Siapa bilang nyemil itu buruk untuk kesehatan? Nyemil atau mengonsumsi sesuatu dengan porsi kecil dapat menjaga Anda dari rasa lapar yang amat sangat. Namun ingatlah untuk selalu memilih menu camilan yang sehat.

Anda sedang stres
Perasaan stres dan depresi dapat membuat seseorang menjadi emotional eater atau mengonsumsi sesuatu karena dipengaruhi oleh emosi. Stres dan depresi akan membuat Anda untuk makan lebih banyak dari biasanya dengan anggapan bahwa makanan dapat meredakan perasaan stres Anda.

Ada banyak hal yang dapat menjadi pencetus Anda makan secara berlebihan. Namun yang lebih penting dari semua alasan itu adalah bagaimana Anda mengatur pola hidup dan pola pikir Anda agar terhindar dari pola makan berlebihan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template