Comments

Friday, December 6, 2013

Kenali 10 tanda depresi pada pria

Posted by at 5:29 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/tanda%202

Selama ini depresi masih jarang dianggap sebagai penyakit yang berbahaya. Padahal faktanya, depresi tak sekedar penyakit mental biasa. Depresi juga bisa mempengaruhi kesehatan fisik, bahkan memicu seseorang untuk menghilangkan nyawanya sendiri.

Depresi biasanya tak serta-merta terlihat melalui gejala yang besar, melainkan melalui gejala-gejala kecil yang tak disadari oleh penderitanya. Jika gejala kecil tersebut tak diperhatikan, bisa terlambat untuk mengobati depresi yang diderita.

Untuk itu, mengenali gejala depresi mulai dari yang terkecil sangat penting. Ian A Cook dari University of California-Los Angeles mengungkap 10 tanda depresi pada pria, seperti dilansir oleh Health.

1. Kelelahan

 Penderita depresi mengalami perubahan secara emosi maupun fisik. Biasanya hal ini ditandai dengan rasa lelah yang tak biasa, serta aktivitas yang menjadi lebih lambat. Tak hanya itu, orang yang mengalami depresi biasanya juga menjadi lemot saat berpikir atau merespon.

2. Waktu tidur tak tentu

Depresi juga bisa dilihat dari kebiasaan seseorang saat tidur. Orang yang depresi biasanya sulit tidur atau justru kebanyakan tidur. Beberapa orang yang mengalami depresi bahkan bisa tidur hingga 12 jam. Sementara ada juga orang yang tak bisa tidur karena depresi hingga harus terbangun tiap dua jam sekali.

3. Sakit perut atau sakit punggung

 Masalah kesehatan seperti sakit perut, konstipasi, dan diare, serta sakit kepala atau sakit punggung biasanya juga sering menimpa orang yang terkena depresi. Namun biasanya hal ini lebih banyak mempengaruhi pria dibandingkan wanita. Sakit pada bagian perut dan punggung pada pria sat mengalami depresi lebih kronis daripada wanita.

4. Mudah marah

 Pria yang mengalami depresi biasanya tidak terlihat sedih, namun sebaliknya menjadi lebih mudah marah dan tersinggung. Hal ini karena pikiran mereka dipenuhi oleh hal-hal negatif secara terus-menerus. Jika mereka diminta untuk mengungkapkan emosi, kebanyakan yang muncul adalah rasa marah dan mood yang buruk.

5. Susah konsentrasi

Depresi yang mempengaruhi mental bisa berdampak pada kinerja otak pria. Aktivitas otak dan berpikir mereka menjadi terhambat sehingga mereka sulit berkonsentrasi pada pekerjaan. Pikiran yang penuh hal-hal negatif juga membuat mereka sulit fokus pada pekerjaan. Jika otak diibaratkan komputer, maka depresi bisa merusak kinerja CPU sehingga komputer tak bisa bekerja.

6. Cemas

 Penelitian menunjukkan kaitan antara rasa cemas dengan depresi. pria yang mengalami depresi berkemungkinan dua kali lipat untuk mengalami kecemasan yang berlebihan. Namun karena pria tak mudah membicarakan perasaan mereka, biasanya ini tak terlihat namun justru bisa memperburuk depresi dan rasa cemas.

7. Kecanduan

Depresi biasanya juga diikuti dengan kecenderungan pria untuk kecanduan atau bergantung pada sesuatu. Hal ini bergantung pada kebiasaan pria. Jika ketika depresi atau merasa stres mereka lebih banyak merokok, maka kemungkinan mereka akan kecanduan dengan rokok atau nikotin di dalamnya.

8. Disfungsi seksual

 Depresi adalah salah satu penyebab umum pria kehilangan gairah bercinta dan mengalami disfungsi ereksi. Ini juga adalah salah satu tanda yang paling sering disembunyikan oleh pria. Kebanyakan mereka berpikir bahwa ini berhubungan dengan kesehatan organ seksual mereka. Padahal bisa jadi pemicunya adalah masalah mental, yaitu depresi dan stres.

9. Sulit mengambil keputusan

 Ada beberapa orang yang memang memiliki sifat susah mengambil keputusan. Namun jika Anda menyadari bahwa kesulitan mengambil keputusan ini baru saja muncul dan bukan sifat alami Anda, kemungkinan itu adalah tanda depresi. Depresi membuat seseorang sulit berpikir jernih sehingga mereka kesulitan untuk menentukan sesuatu dan mengambil keputusan.

10. Ingin bunuh diri

Meski wanita diketahui lebih mungkin melakukan bunuh diri, namun penelitian mengungkap bahwa pria empat kali lebih mungkin mati ketika mencoba bunuh diri. Hal ini karena pria cenderung memilih cara yang bisa membuat mereka mati lebih cepat ketika bunuh diri, seperti pistol dan lainnya. Salah satu pemicu pemikiran bunuh diri adalah depresi. Lebih dari 70 persen orang yang mencoba bunuh diri mengalami depresi. Jika Anda sampai memiliki pemikiran untuk bunuh diri, tak salah lagi, itu juga disebabkan oleh depresi.

Itulah tanda-tanda depresi yang bisa muncul pada pria. Sebaiknya segera atasi depresi ketika gejala yang dirasakan masih kecil, sebelum tanda yang besar seperti keinginan untuk bunuh diri muncul.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template