Comments

Friday, December 6, 2013

Pilihan busana interview menentukan keberhasilan Anda

Posted by at 5:02 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kerja

Busana kerja memang tidak bisa dianggap sambil lalu oleh Anda yang sedang menapaki tangga karir. Bahkan, sejak mulai dari proses interview, Anda harus betul-betul memperhatikan busana kerja yang Anda pakai. Apalagi, ternyata pilihan busana saat interview menentukan akan diterima atau tidaknya Anda di perusahaan atau kantor tersebut.

Berikut ini ada beberapa pilihan busana yang recommended untuk kesan pertama yang memukau bagi interviewer Anda.

1. Tim kreatif

 Jika Anda mendapatkan interview untuk bekerja di sebagai anggota tim kreatif, Anda memiliki keuntungan yakni lebih mudah mengekspresikan diri Anda lewat pakaian Anda. Pilih pakaian yang tidak terlalu formal seperti dress dan blazer. Hindari memakai suitpants, karena Anda malah akan terlihat terlalu kaku untuk jenis pekerjaan ini. Untuk urusan sepatu, Anda bisa memilih model sepatu apa saja untuk jenis pekerjaan yang satu ini. Namun, tetap sesuaikan dengan cuaca pada saat hari interview itu, ya.

2. Tim pengajar/guru

 Untuk jenis pekerjaan yang satu ini, Anda perlu outfit yang terlihat bersahaja. Dengan warna-warna netral seperti beige atau warna monokrom dengan motif yang playful, Anda akan tampil dengan image sederhana namun disegani. Memang betul jika pekerjaan ini membuat Anda tidak bisa terlalu bermain dengan warna pada outfit, namun Anda tetap bisa 'menghidupkan' penampilan Anda secara keseluruhan dengan aksesoris yang cantik seperti kalung atau scarf leher. Sepatu dengan model loafers dengan hak 5 cm akan membuat Anda nampak sophisticated untuk pekerjaan ini.

3. Tim keuangan

 Anda akan menjalani sebagian besar hari kerja Anda di dalam ruangan apabila Anda lolos dalam interview ini. Anda harus bisa menampilkan kesan sleek dan dapat dipercayai agar berhasil mendapatkan pekerjaan yang akrab dengan angka ini. Pilihan suitpants dengan warna yang netral seperti abu-abu, navy blue, hitam, atau cokelat tua akan menolong Anda kali ini. Pastikan sepatu hak tinggi menemani Anda, karena sepatu tanpa hak akan membuat Anda terlihat pendek dalam paduan suitpants. Pilih yang bermotif agar penampilan Anda tidak terlihat membosankan.

4. Tim ahli/hukum

 Pekerjaan ini membutuhkan Anda yang berdedikasi terhadap akurasi waktu dan dapat dipercaya secara penuh. Untuk memberikan kesan ini saat interview, pilih pakaian dengan warna yang cenderung gelap, karena warna gelap dipercaya dapat membantu Anda dalam meyakinkan klien. Hampir sama dengan pekerjaan dalam tim keuangan, namun pilihan warnanya lebih sedikit. Warna hitam dan putih adalah pilihan terbaik untuk atasan atau bawahan. Sesuaikan pilihan sepatu dengan cermat, hindari sepatu ber-hak 11 cm karena akan terkesan membuat Anda jadi ribet. 5 cm adalah ukuran hak sepatu yang pas untuk pekerjaan ini, dengan warna cokelat atau tan.

5. Video interview

Beberapa perusahaan di zaman sekarang ini sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi video-chatting sebagai salah satu sarana rekruitmen karyawannya. Jika Anda menerima panggilan untuk video interview, pakaian yang Anda kenakan pun harus tetap diperhatikan. Mungkin Anda tidak perlu terlalu mendetail dalam pemilihan warna atau motifnya seperti saat melakukan walk in interview, namun tentunya kemeja warna pucat dan celana pipa lama yang sudah mulai pudar warnanya tidak termasuk dalam daftar. Kenakan blouse atau kemeja dengan potongan yang rapi dan model yang up-to-date, dan celana kain dengan potongan dan warna yang sesuai dengan bentuk kaki Anda. Jika sekiranya Anda akan perlu berdiri, kenakan sepatu tanpa hak dengan warna gelap.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template