Comments

Friday, December 6, 2013

Kerja lembur bikin pria rentan kena 8 penyakit ini

Posted by at 4:58 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Kerja lembur saat ini adalah hal yang wajar dilakukan oleh banyak karyawan. Kebanyakan orang juga merasa tak masalah dengan kerja lembur, selama mereka mendapatkan kompensasi yang tepat. Namun ketika Anda melakukan kerja lembur, sebaiknya perhatikan juga efeknya pada kesehatan.

Kebanyakan orang yang bekerja lembur menjadi kurang tidur dan mengonsumsi pendongkrak energi seperti kopi atau minuman energi. Jika dibiasakan, hal ini tentu tak baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa dialami oleh pria yang sering kerja lembur, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Kecanduan

 Agar tetap bertenaga saat lembur, biasanya pria membutuhkan 'dopping' seperti kopi atau rokok. Hal ini jika berlangsung dalam waktu yang lama bisa menyebabkan pria berkemungkinan untuk kecanduan pada hal tersebut. Pria yang sudah kecanduan pada kafein atau nikotin pada kopi dan rokok tentunya akan lebih mudah mengalami cemas atau gejala buruk lain ketika mereka tidak mengonsumsi dua hal itu.

2. Masalah lambung

Bekerja lembur biasanya akan menyebabkan pola makan seseorang berantakan. Hal ini kemudian bisa memicu berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan lambung dan pencernaan seperti perut kembung, mual, diare, konstipasi, dan mulas. Selain itu, kecenderungan kurang minum air ketika bekerja lembur juga bisa menyebabkan masalah lain pada pencernaan.

3. Penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan kaitan antara bekerja lembur dalam jangka waktu lama dengan serangan jantung dan penyakit jantung. Pria yang sering kerja lembur atau bekerja shift malam memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena serangan jantung dan penyakit jantung.

4. Insomnia

 Pria yang sering kerja lembur juga cenderung kurang tidur. Jika ini dibiasakan, pria akan mudah terserang insomnia atau penyakit lain yang bisa mengganggu jam tidur mereka. Jam tidur yang tak teratur pada akhirnya akan berujung pada berbagai masalah kesehatan lainnya.

5. Diabetes

 Diabetes adalah penyakit lain yang rentan menyerang pria yang sering kerja lembur. Hal ini berkaitan dengan pola makan dan jam makan yang tak teratur selama bekerja. Pada akhirnya kebiasaan tersebut akan membuat gula darah melonjak yang berujung pada penyakit seperti diabetes, obesitas, atau kolesterol.

6. Obesitas

 Penelitian menunjukkan bahwa pria yang sering bekerja lembur dan bekerja pada shift malam lebih berkemungkinan terkena obesitas karena kualitas makan yang buruk dan kurang olahraga. Bekerja lembur dan larut malam juga mempengaruhi tingkat leptin, yaitu hormon yang berfungsi sebagai pengontrol nafsu makan.

7. Depresi

 Beberapa penelitian mengungkap bahwa pria yang sering lembur dan kerja larut malam lebih berkemungkinan terkena depresi dan masalah mental lain seperti rasa cemas yang berlebihan. Bekerja lembur juga menurunkan tingkat hormon serotonin yang berfungsi untuk mengontrol mood seseorang.

8. Masalah kesuburan

 Sering kerja lembur dan bekerja shift malam bisa menyebabkan masalah kesuburan seperti membuat pria tidak subur, mengalami disfungsi ereksi, atau gairah seks yang rendah.

Itulah beberapa masalah kesehatan dan penyakit yang rentan menyerang pria yang sering kerja lembur atau bekerja pada shift malam. Sebaiknya meski bekerja shift malam atau lembur, pria tetap memperhatikan kesehatan dan pola makan mereka, serta tetap rajin olahraga agar tetap bugar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template