Comments

Saturday, January 4, 2014

5 Cara menghadapi bullying di tempat kerja

Posted by at 6:02 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kerja

Anda sering menerima perlakuan dan perkataan tidak menyenangkan di tempat kerja, sehingga menjadi sangat tidak mungkin atau sulit bagi Anda untuk bekerja secara maksimal? Jika Anda adalah salah satu korban bullying di tempat kerja, Anda harus berhati-hati saat berurusan dengan masalah ini. Ingat, Anda tidak boleh mengambil tindakan yang gegabah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menghadapi bullying di tempat kerja.

1. Siapkan mental Anda

Cobalah untuk menghindari segala macam bentuk perselisihan dan perdebatan di kantor. Jangan mengatakan sesuatu yang bisa menghina orang lain atau menggunakan kata-kata negatif atau kasar. Cara paling cerdas untuk menghadapi situasi seperti ini adalah dengan tetap tenang dan merespon sebuah percakapan dengan kata-kata sepositif mungkin.

2. Jangan cepat berasumsi

 Sebelum membuat asumsi tentang suatu masalah, klarifikasi fakta yang ada di lapangan. Janganlah cepat mengambil kesimpulan tanpa sebelumnya mencoba mencari tahu kebenarannya.

3. Menghadapi pelaku yang sebenarnya

Anda mendengar sesuatu yang memalukan tentang diri Anda dari seseorang? Cobalah untuk menyelesaikan masalah ini dengan menghadapi orang yang menjadi otak di balik kejadian itu. Berbicara langsung dengan orang yang melakukannya dapat mencegah orang lain berbicara di belakang Anda. Anda juga bisa langsung meminta penjelasan darinya.

4. Menetapkan batasan

Posisi Anda saat ini di perusahaan mungkin mengharuskan Anda untuk berkolaborasi dengan rekan kerja yang menyebalkan. Mau tak mau, Anda harus bekerja dengannya sebagai sebuah tim. Dalam keadaan tersebut, Anda harus mulai menetapkan batas-batas tertentu pada hubungan Anda dengannya. Hindari bersikap ramah atau bersimpati terhadap orang semacam itu. Hindari berbicara tentang masalah pribadi dengan orang tersebut.

5. Menyibukkan diri Anda

Cara terbaik untuk menjaga diri di tempat kerja adalah dengan benar-benar menyibukkan diri Anda dengan pekerjaan Anda. Ini akan membuat Anda jauh dari semua gangguan di tempat kerja.

Inilah lima cara untuk menghadapi lingkungan kerja yang kerap melakukan bullying kepada karyawannya. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template