Comments

Saturday, January 4, 2014

10 Manfaat ajaib strawberry untuk kesehatan

Posted by at 6:08 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/manfaat

Siapa sih yang tak kenal strawberry? Buah imut yang terlihat cantik dan membuat air liur menetes. Meski kecil, buah ini disebut sebagai 'Ratu buah' lho! Alasannya karena buah strawberry mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan.

Apa saja manfaat ajaib buah strawberry untuk kesehatan? Ini dia daftarnya, seperti dilansir oleh Best Health.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

  Strawberry adalah sumber vitamin C terbaik. Dua mangkuk strawberry sehari saja sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh. Vitamin C dikenal sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh serta antioksidan yang baik untuk melawan penyakit. Ditambah lagi, antioksidan dalam strawberry berbeda dengan buah lain karena antioksidan tersebut bekerja lebih cepat dan sudah siap dalam aliran darah.

2. Menjaga kesehatan mata

 Antioksidan dalam strawberry juga ampuh untuk mencegah katarak yang bisa menyebabkan kebutaan di usia tua. Mata membutuhkan vitamin C untuk menghindarkannya dari radikal bebas matahari. Selain itu, strawberry juga bisa menguatkan kornea dan retina mata. Meski penelitian pernah mengungkap bahwa kelebihan vitamin C justru meningkatkan risiko katarak pada manula, namun ini tak berlaku bag vitamin C pada strawberry.

3. Menangkal kanker

Antioksidan dalam strawberry juga membantu mencegah kanker. Zat kimia bernama ellagic acid yang ditemukan dalam strawberry disebut sebagai zat anti kanker yang bisa menekan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, zat antioksidan lain seperti lutein dan zeathancins juga bisa menangkal radikal bebas dan melindungi kesehatan sel.

4. Mencegah kerutan

 Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, strawberry juga baik untuk kesehatan kulit. secara tak langsung, strawberry juga membuat Anda lebih cantik. Buah ini membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga bisa mencegah munculnya kerutan serta membuat Anda terlihat awet muda. Ellagic acid pada strawberry diketahui bisa melindungi kolagen agar tak mudah rusak dan mencegah peradangan pada kulit.

5. Melawan kolesterol jahat

Berdasarkan Heart and Stroke Foundation, penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan bagi wanita. Untungnya strawberry juga mengandung zat yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, strawberry juga mencegah peradangan yang secara tak langsung juga melindungi jantung. Untuk itu, strawberry cocok untuk dikonsumsi dan dimasukkan dalam diet jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol.

6. Mengurangi peradangan

 Antioksidan dan zat kimia yang ditemukan dalam strawberry bisa mengurangi peradangan pada sendi yang bisa menyebabkan arthritis dan bisa memicu penyakit jantung. Sebuah penelitian di Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang makan minimal 16 strawberry per minggu memiliki kemungkinan 14 persen lebih rendah mengalami peradangan.

7. Menjaga tekanan darah

 Potasium dalam strawberry diketahui bisa menjaga tingkat tekanan darah, bahkan menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, tak ada salahnya mengonsumsi strawberry secara teratur. Satu mangkuk strawberry bisa mengandung 134 miligram potasium yang baik untuk menjaga tekanan darah.

8. Melancarkan pencernaan

 Strawberry juga mengandung serat yang baik untuk kelancaran pencernaan. Setidaknya strawberry mengandung dua gram serat per takaran. Makan strawberry bisa mencegah konstipasi dan peradangan pada usus. Selain itu, serta pada strawberry juga bisa mencegah diabetes tipe-2 karena memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula pada darah.

9. Menjaga berat badan

 Sedang berusaha menjaga berat badan? Strawberry bisa menjadi sahabat Anda. Strawberry memiliki kalori yang cukup rendah, tak mengandung lemak, sodium, atau gula. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya bahkan hanya berjumlah setengah dari sepotong roti. Tak salah jika memasukkan strawberry dalam bagian diet Anda.

10. Menjaga kesehatan saat hamil

 Folat dan vitamin B sangat direkomendasikan bagi wanita yang sedang hamil atau akan melahirkan. Strawberry mengandung banyak folat dan vitamin B yang bisa membantu Anda. Zat ini sangat baik untuk perkembangan otak dan tengkorak bayi pada awal-awal masa kehamilan. Selain itu, asam folat pada strawberry juga baik untuk mencegah cacat lahir.

Itulah banyak keajaiban dari strawberry untuk kesehatan. Tak salah jika buah ini disebut sebagai salah satu buah tersehat karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya. Jadi, jangan ragu lagi untuk makan buah strawberry secara teratur.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template