Comments

Wednesday, October 9, 2013

6 Orang buta yang menginspirasi dunia

Posted by at 6:31 AM Read our previous post
Keenam orang ini berhasil membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukan halangan untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita. Meski tak bisa melihat layaknya orang normal, mereka tetap memiliki karir dan karya hebat yang patut diacungi jempol. Siapa mereka? Berikut adalah enam orang buta yang berhasil menaklukkan dunia dan memberi inspirasi bagi mereka yang mempunyai fisik sempurna. Yuk simak bersama!

1. James Holman

 

Pria kelahiran 15 Oktober 1786 ini yang dikenal sebagai Blind Traveler ini, adalah seorang traveler, penulis dan pengamat sosial dari Inggris. James dikenal karena tulisan-tulisannya tentang perjalanan. Selain menderita kebutaan, ia juga menderita beberapa penyakit yang dapat menghalangi mobilitasnya. Meski begitu, ia tetap melakukan tur keliling dunia dan menghabiskan waktunya dengan menulis kisah perjalanannya.

2. Tofiri Kibuuka

Tofiri Kibuuka adalah seorang atlet yang dulunya berkompetisi untuk Uganda, sebelum akhirnya memperoleh kewarganegaraan Norwegia. Dia kerap berpartisipasi dalam Paralimpiade dan dari1976-2000, dia berhasil memenangkan lima medali perak dan satu perunggu. Pada tahun 1968, Tofiri menjadi salah satu orang buta pertama yang sukses meraih puncak Gunung Kilimanjaro. Aksi Tofiri membuatnya kemudian mendapatkan perhatian media dan pujian dari Menteri Tenaga Kerja Uganda.

3. Helen Keller

 

Wanita bernama lengkap Helen Adams Keller ini berprofesi sebagai seorang penulis, aktivis politik, dan dosen dari Amerika. Dia merupakan tuna rungu pertama yang berhasil memperoleh gelar Bachelor of Arts di Amerika. Keterbatasan fisik membuatnya berjuang untuk terus belajar caranya berkomunikasi dengan baik. Kini ulang tahunnya yang jatuh pada tanggal 27 Juni diperingati sebagai Hari Helen Keller di negara bagian Pennsylvania, Amerika.

4. Andrea Bocelli

 

Pria bernama lengkap Andrea Angel Bocelli ini adalah seorang penyanyi tenor Italia yang telah mendunia. Lahir dengan kondisi penglihatan yang buruk, ia buta secara permanen di usia dua belas tahun setelah mengalami kecelakaan saat bermain bola. Sejak memenangkan kategori Pendatang terbaik dalam Sanremo Music Festival pada tahun 1994 , nama Bocelli kian meroket di belantika musik dunia. Ia telah mencatat empat belas album solo studio, dan pop musik klasik, tiga album greatest hits, dan sembilan opera, serta menjual lebih dari 80 juta rekaman di seluruh dunia.

5. Stevie Wonder

 

Musikus bernama lengkap Stevland Hardaway Morris ini lahir 13 Mei 1950 dengan nama Stevland Hardaway Judkins. Ia dikenal dengan nama panggung Stevie Wonder. Stevland pun kini dikenal sebagai seorang musisi, penyanyi dan sekaligus penulis lagu. Ia berkembang menjadi salah satu musisi paling kreatif di dunia dan sangat menyukai tokoh-tokoh musik dari akhir abad ke-20. Sesaat setelah dilahirkan, Stevland kecil menderita kebutaan permanen yang membuatnya tidak bisa melihat.

6. Marla Runyan

 

Marla Runyan adalah seorang atlet lapangan, road runner, dan pelari maraton dari Amerika. Juara nasional tiga kali dalam kategori lari 5000 meter ini memiliki keterbatasan fisik, yakni tidak bisa melihat. Marla lahir di Santa Maria, California, pada 4 Januari 1969. Setelah lulus dari Camarillo High School di tahun 1987, ia melanjutkan studi di San Diego State University, di mana ia mulai ikut berkompetisi dalam beberapa acara olahraga.

Inilah enam orang buta yang berhasil menaklukkan dunia dan memberi inspirasi bagi mereka yang mempunyai fisik sempurna.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template