Comments

Wednesday, October 9, 2013

6 Penemuan harta karun paling fenomenal

Posted by at 6:28 AM Read our previous post
Perburuan harta karun tidak hanya terjadi di dalam film, tetapi juga dunia nyata. Banyak orang berlomba-lomba melakukan penggalian di beberapa tempat yang diyakini menyimpan harta karun dan tak sedikit yang akhirnya berhasil menemukan timbunan harta karun tersebut. Nah, berikut adalah kisah penemuan harta karun paling fenomenal sejagat. Yuk simak bersama!

1. Penemuan harta karun di Kuil Sree Padmanabhaswamy

 

Pada Juni 2011, harta karun yang bernilai miliaran dalam bentuk emas dan permata ditemukan di dalam enam ruang bawah tanah di Kuil Sree Padmanabhaswamy, yang terletak di provinsi Kerala di India selatan. Harta karun ini ditaksir bernilai 500 miliar rupee atau sekitar Rp 93 T. Di antara benda-benda berharga yang ditemukan di ruang bawah tanah, ditemukan kalung emas seberat 2,5 kg, busur emas , tali emas, gelang emas, barang-barang antik dari perak, satu ton emas dalam bentuk pernak-pernik kecil, karung berlian, ribuan keping perhiasan antik bertatahkan berlian dan zamrud.

2. Penemuan harta karun di Istana Hanumandhoka

 

Pada 28 Juni 2011, setumpuk perhiasan emas dan perak ditemukan oleh para pekerja yang sedang merenovasi bangunan kuno yang berusia berabad-abad di Istana Hanumandhoka di Kathmandu, Nepal. Harta ini disembunyikan di sebuah ruang pada bagian kompleks istana tua Raja Malla, yang memerintah negara itu sebelum terjadinya penyatuan Nepal yang dilakukan oleh Raja Prithvi Narayan Shah dua setengah abad lalu. Harta ini terdiri dari tiga kotak penuh barang-barang berharga, termasuk 3 kg emas dan 80 kg ornamen perak dan artefak berharga, yang ditemukan di sebuah ruangan yang telah terkunci selama berabad-abad.

3. Penemuan harta karun di desa Hoxne

 

Pada 16 November 1992, harta karun berupa timbunan perak dan emas dari zaman Romawi ditemukan di desa Hoxne di Suffolk, Inggris. Timbunan itu ditemukan di sebuah ladang petani, sekitar 2,4 kilometer dari barat daya desa. Semua berawal ketika Peter Whatling, seorang petani yang menyewa ladang tersebut, kehilangan palunya dan meminta temannya, Eric Lawes, seorang pensiunan tukang kebun sekaligus pendeteksi logam amatir itu, membantunya mencari palu. Tak disangka, saat sedang mencari palu Peter yang hilang dengan detektor logamnya, ia menemukan harta karun berupa sendok perak, perhiasan emas, dan sejumlah koin emas dan perak.

4. Penemuan harta karun di Staffordshire 

 

Pada 5 Juli 2009, Terry Herbert berhasil menemukan sebuah timbunan harta karun dengan detektor logam - yang telah berusia 14 tahun - saat ia sedang menyisir lapangan di dekat rumahnya di Staffordshire, Inggris. Harta karun ini diyakini berasal dari abad ketujuh, yang berisi sekitar 5 kg emas dan 2,5 kg perak. Item lain yang ditemukannya dalam timbunan itu adalah perlengkapan perang yang dihiasi batu mulia. Harta karun ini ditaksir senilai 3,285 juta pound sterling (atau sekitar Rp 60,9 miliar) dan kini telah dibeli oleh Birmingham Museum & Art Gallery dan Potteries Museum & Art Gallery.

5. Penemuan harta karun bangsa Viking

 

Pada 6 Januari 2007, David Whelan dan putranya Andrew berhasil menemukan timbunan harta karun bangsa Viking dengan menggunakan detektor logam di dekat kota Harrogate di North Yorkshire, Inggris. Harta karun ini terdiri dari 617 koin perak dan 65 item lainnya, termasuk ornamen dan logam mulia yang disembunyikan dalam bejana perak yang dilapisi dengan emas yang dibuat di Prancis atau Jerman sekitar tahun 900. Harta ini ditaksir bernilai 1,082 juta pound sterling (atau sekitar Rp 20 miliar).

6. Penemuan harta karun di Haram al-Sharif 

 

Pada 9 September 2013, sebuah timbunan harta karun ditemukan selama penggalian yang dilakukan oleh Universitas Hebrew di Haram al-Sharif di Yerusalem. Haram al-Sharif adalah salah satu situs keagamaan terpenting di Kota Tua Yerusalem yang telah digunakan sebagai situs agama selama ribuan tahun. Harta karun ini terdiri dari dua karung yang berisi 36 koin emas dari era Bizantium, perhiasan emas dan perak, medali emas, dan masih banyak lagi. Para arkeolog memperkirakan bahwa harta ini ditinggalkan selama masa penaklukan Persia di Yerusalem pada tahun 614 Masehi.
Inilah enam penemuan harta karun paling fenomenal yang berhasil menarik perhatian dunia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template