Comments

Thursday, November 21, 2013

Ini 5 manfaat teh yang belum diketahui

Posted by at 5:44 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/manfaat

Suka minum teh? Jika iya, kalian tak salah memilih minuman. Sekitar 12 penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of CLinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi teh bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan mood dan membuat orang bahagia.

"Meski banyak orang yang lebih menyukai kopi, namun teh terbukti sebagai minuman tertua yang memberikan banyak manfaat," ungkap Julie Upton MS, RD, CSSD, ahli diet dari Academy of Nutrition and Dietetics, seperti dilansir oleh Shine!

Lantas, apa lagi manfaat tersembunyi yang dimiliki oleh teh? Ini dia daftarnya!

1. Membuat bahagia

 Salah satu hasil penelitian yang cukup mengejutkan adalah bahwa teh bisa membuat orang bahagia. Hal ini karena teh mengandung L-theanine yang membantu otak memproduksi dopamine dan serotonin. Kedua zat kimia tersebut membuat orang merasa senang dan berbahagia. Namun Julie mengingatkan bahwa untuk mendapatkan efek terbaik dari teh, seseorang harus minum setidaknya tiga sampai lima cangkir teh setiap hari.

2. Meningkatkan produktivitas

 Minum teh hitam dan teh hijau bisa membantu meningkatkan produktivitas. Penelitian menemukan bahwa orang yang minum dua sampai tiga cangkir teh memiliki kewaspadaan, ketajaman berpikir, serta fokus yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak minum teh. Ini tentunya membantu Anda bekerja lebih fokus dan akurat.

L-theanine dan kafein dalam teh merangsang produksi gelombang alpha pada otak dan membuat orang yang meminumnya mendapatkan energi tambahan tanpa efek samping.

3. Membantu menurunkan berat badan

 Penelitian menunjukkan bahwa orang yang gemar minum teh hijau memiliki BMI dan rasio pinggul yang lebih kecil. Tak hanya itu, orang yang minum teh hijau juga memiliki lebih sedikit lemak dalam tubuhnya. Upton mengungkap bahwa teh hijau adalah cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Hanya dengan minum teh hijau, seseorang bisa membakar 100 kalori lebih banyak dibandingkan jika mereka tak minum teh hijau.

4. Memperkuat tulang

 Bicara tentang mencegah osteoporosis, kebanyakan orang pasti memikirkan susu. Padahal teh hijau juga bisa melindungi tubuh dari osteoporosis. Polyphenol dalam teh hijau bisa membantu produksi sel pembentuk tulang pada semua orang. Sementara antioksidan bernama flavanol yang ada di dalamnya bisa mencegah wanita mengalami tulang rapuh setelah menopause.

5. Baik untuk jantung

 Punya masalah dengan kolesterol? Teh hitam bisa membantu Anda. Minum secangkir teh hitam setelah makan makanan berlemak atau junk food bisa membalikkan efek negatif dari makanan tersebut, seperti tekanan darah tinggi. Bahkan, efek dari teh hitam ini bisa langsung dirasakan. Teh hitam akan membantu melonggarkan pembuluh darah dan membantu sirkulasi darah. Ini akan menurunkan tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat.

Itulah beberapa manfaat teh yang baru saja ditemukan oleh peneliti. Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk minum teh, karena teh bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template