Comments

Tuesday, November 19, 2013

6 Penyakit ini lebih rentan menyerang wanita

Posted by at 5:53 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/wanita

Tak semua penyakit berkaitan dengan jenis kelamin. Tentu ada penyakit yang hanya bisa diderita oleh wanita saja atau sebaliknya. Namun ada juga penyakit yang sebenarnya bisa menyerang semua orang, namun lebih ganas jika menyerang wanita.

Berikut adalah beberapa penyakit yang lebih mudah menyerang wanita dibanding pria, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Osteoporosis

 Osteoporosis sebenarnya bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun penyakit ini lebih rentan menyerang wanita jika dibandingkan pria. Setiap satu dari empat pria berkemungkinan terkena osteoporosis, sementara risiko pada wanita lebih tinggi yaitu dua dari empat wanita (sekitar 50 persen).

2. Diabetes

Diabetes diketahui lebih ganas dan mematikan ketika menyerang wanita. Padahal penyakit ini juga bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Penelitian terbaru mengungkap bahwa tingkat kematian akibat diabetes pada wanita lebih tinggi jika dibandingkan dengan pria.

3. Kanker payudara

 Banyak orang yang belum mengetahui bahwa pria juga bisa terkena kanker payudara. Namun tentunya, wanita lebih rentan terkena penyakit ini. Penelitian terbaru mengungkap bahwa wanita memiliki risiko terkena kanker payudara 10 kali lebih tinggi dibandingkan pria. Hal ini karena wanita memiliki lebih banyak sel payudara dibandingkan pria. Sel kanker payudara pun lebih cepat berkembang pada wanita dibandingkan pria.

4. Penyakit autoimun

 Wanita lebih rentan terkena beberapa jenis penyakit autoimun, termasuk lupus, arthritis, dan sclerosis. Peneliti berpendapat bahwa hal ini berkaitan dengan gen dan hormon. selain itu, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor sosial dan penyakit pada bagian lain, seperti pada bagan otak.

5. Depresi

Wanita bisa jadi lebih kuat dari pria dalam hal mental dan emosi, namun mereka juga lebih rentan terkena penyakit mental seperti depresi dan kecemasan. Wanita diketahui memiliki risiko 75 persen lebih tinggi untuk terkena depresi dibandingkan pria. Mereka juga 60 persen lebih mungkin merasa cemas dibanding pria.

6. Penyakit paru kronis

 Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penyakit paru kronis atau yang memiliki nama lain chronic obstructive pulmonary disease (COPD) lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria. Penyakit ini merupakan penyakit paru-paru yang membuat penderitanya susah bernapas. Data menunjukkan bahwa penyakit paru kronis menyebabkan banyak kematian pada wanita. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kebiasaan merokok yang dimiliki oleh wanita.

Itulah beberapa penyakit yang diketahui lebih mudah menyerang wanita dan lebih berbahaya jika menyerang wanita. Sebaiknya wanita waspada terhadap beberapa penyakit berikut ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template