Comments

Friday, November 29, 2013

7 Manfaat penting dari mengonsumsi semangka

Posted by at 5:41 AM Read our previous post

Semangka adalah salah satu buah yang dengan mudah dapat ditemui di Indonesia. Semangka mengandung banyak air yang dapat membantu tubuh agar terhindar dari dehidrasi. 

Selain manfaat tersebut, berikut adalah manfaat lain dari semangka seperti yang dilansir dari magforwomen.com.

Semangka adalah buah yang bagus untuk diet
Semangka atau jus semangka patut untuk Anda masukkan dalam menu diet Anda. Semangka dapat dijadikan camilan karena dapat membuat Anda cepat merasa kenyang namun tetap rendah kalori. Selain itu kadar air yang cukup tinggi di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda.

Membantu dalam pemulihan nyeri otot
Sebuah penelitian menemukan bahwa semangka sangat bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri otot karena kandungan asam aminonya yang disebut dengan L-citrulline. Zat ini mampu menstabilkan detak jantung saat berolahraga sehingga dapat mengurangi cedera otot atau nyeri otot yang mungkin akan Anda alami saat berolahraga.

Semangka kaya akan vitamin dan mineral
Semangka mengandung vitamin A, B, C, potasium, zat besi, kalsium, mangan, seng, zat antioksidan dan nutrisi lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh.

Baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular
Jika Anda memiliki masalah dengan jantung Anda, perbanyaklah mengonsumsi semangka. Semangka juga mengandung aktioksidan yang disebut lycopene yang dapat mengurangi peradangan pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke jantung. Lycopene juga membantu mengurangi tekanan darah tunggi dan diabetes yang dikenal sebagai 2 hal terbesar penyebab serangan jantung.

Dapat mencegah kanker
Kandungan zat antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu semangka juga dapat mencegah penyakit kanker prostat dan kanker usus besar.

Memberikan suntikan energi
Gula alami dan kandungan air yang cukup tinggi dalam buah ini dapat memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktifitas selama seharian. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda memasukkan jus semangka atau potongan buah semangka ke dalam menu sarapan Anda,

Membantu kekuatan tulang
Semangka dikenal dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan tulang termasuk arthritis. Hal ini disebabkan karena semangka mengandung kalsium yang dapat membantu dalam memperkuat struktur tulang dasar tubuh Anda.

Ternyata semangka menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Konsumsi semangka sebagai alternatif menu sehat harian Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template