Comments

Friday, November 29, 2013

5 Kebiasaan remeh ini bikin orang rentan kena flu

Posted by at 5:49 AM Read our previous post

Berapa kali Anda mengalami flu setahun belakangan ini? Apakah sering atau sama sekali tak pernah sakit? Biasanya orang mengalami influenza ketika ketahanan tubuh mereka menurun. Namun sakit tak hanya dipengaruhi oleh ketahanan tubuh, melainkan juga karena kebiasaan yang buruk.


Ada beberapa kebiasaan yang tampak remeh dan sering dilakukan oleh banyak orang. Tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa membuat mereka lebih mudah terkena flu. Kebiasaan apa saja? Simak daftarnya berikut ini, seperti dilansir oleh Healthy Living.

1. Melewatkan sarapan


Anda pasti sudah sering mendengar ini, dan akan mendengarnya lagi, bahwa sarapan adalah jam makan terpenting dalam sehari. Makan di pagi hari tak hanya berkaitan dengan energi dan metabolisme Anda, tetapi juga memberikan peran yang besar untuk menjaga kesehatan tubuh. lebih dari 60 persen antibodi dalam tubuh yang menghancurkan infeksi ditemukan dalam usus. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.
Sarapan adalah saat terbaik untuk mendapatkan asupan probiotik, bakteri baik yang bisa meningkatkan kesehatan lambung dan saluran pencernaan. Konsumsi beberapa buah dan protein saat sarapan untuk menjaga kesehatan dan menangkal penyakit di musim flu seperti sekarang ini.

2. Mudah panik


Mudah panik tampaknya hanya sifat diri Anda yang tak berpengaruh pada kesehatan. Namun anggapan tersebut salah besar. orang yang mudah panik dan merasa frustrasi cenderung memiliki tingkat stres yang tinggi. Saat stres, hormon kortisol akan naik dan menyebabkan tingkat gula darah ikut melonjak.
Tak hanya itu, naiknya hormon kortisol juga membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Akibatnya, tubuh Anda mudah terserang penyakit dan Anda pun lebih mudah sakit. Jadi, mulai saat ini sebaiknya kurangi kecenderungan Anda yang mudah stres dan mudah panik. Coba lakukan meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran. Ini tak hanya penting untuk kesehatan mental, tetapi juga kesehatan tubuh.

3. Tidak olahraga


 Anda mungkin tak perlu lagi memakai pakaian seksi di musim dingin semacam ini, namun itu bukan alasan untuk tidak berolahraga. Melewatkan olahraga dan bermalas-malasan tak hanya akan mempengaruhi berat badan dan lingkar pinggang, melainkan juga mempengaruhi ketahanan tubuh.
Olahraga bisa mengeluarkan bakteri dari paru-paru yang akan menurunkan risiko sakit dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, menaikkan suhu badan melalui olahraga juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

4. Permukaan yang kotor


 Seberapa sering Anda membersihkan keyboard computer, layar tablet atau smartphone Anda? Tak sedikit orang yang jarang membersihkan alat-alat yang mereka gunakan atau sentuh setiap hari seperti telepon genggam atau komputer. Padahal, tahukah Anda bahwa layar smartphone dan keyboard komputer mengandung lebih banyak bakteri dari dudukan toilet?
Jangan remehkan permukaan yang terlihat bersih karena bisa saja permukaan yang sering Anda sentuh memiliki virus dan bakteri. Lebih seringlah membersihkan permukaan keyboard atau smartphone Anda. Selain itu, jangan lupa mencuci tangan sebelum makan, menggunakan kamar mandi, atau menyentuh permukaan yang kotor. Waspadai juga benda-benda yang sering Anda sentuh seperti remote televisi, mainan anak, gagang pintu, dan lainnya.

5. Sering menyentuh wajah


 Ini adalah kebiasaan yang sering tidak disadari oleh banyak orang. Mereka dengan mudah menyentuh wajah, padahal baru saja menyentuh benda-benda lain yang bisa saja mengandung bakteri. Menyentuh wajah juga salah satu penyebab terbesar seseorang terkena flu. Begitu juga dengan menyentuh bagian mulut dan hidung. Untuk itu, jika Anda memiliki kebiasaan menyentuh wajah atau hidung, mulai saat ini coba hilangkan kebiasaan tersebut.
Itulah beberapa kebiasaan remeh yang bisa membuat Anda lebih mudah terkena flu. Jika memiliki beberapa kebiasaan di atas, sebaiknya mulai kurangi dan hentikan sekarang juga.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template