Comments

Thursday, November 21, 2013

Waspadai 5 kesalahan memasak yang bisa bikin gemuk

Posted by at 4:18 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Gemuk tak hanya disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang salah atau jarang berolahraga. Meski Anda sudah memilih bahan makanan yang sehat dan bernutrisi, namun salah memasaknya juga bisa membuat makanan tersebut tak sehat.

Tak banyak orang yang sadar bahwa mereka telah melakukan beberapa kesalahan dalam proses memasak sehingga membuat makanan mereka tak sehat dan menghilangkan semua nutrisi dalam bahan makanan.

Lantas, apa saja kesalahan yang biasa dilakukan saat memasak makanan? Ini dia daftarnya, seperti dilansir oleh Fitnea.

1. Terlalu banyak minyak

 Meski minyak yang sehat pun bisa jadi tak sehat jika digunakan secara berlebihan. Salah satu contohnya adalah minyak zaitun yang kaya lemak sehat. Satu sendok minyak zaitun bisa memberikan 125 kalori. Namun kebanyakan orang menggunakan lebih banyak dari itu, karena mengira bahwa minyak tersebut sehat. Ingat bahwa terlalu banyak minyak juga bisa meningkatkan kolesterol dan melucuti nutrisi dalam bahan makanan. Jadi gunakan minyak sewajarnya saja, dan jangan terlalu banyak, meski yang Anda gunakan adalah minyak sehat/alami.

2. Menakar porsi sajian

Menakar porsi makanan memang penting untuk menjaga jumlah kalori agar tidak berlebihan dan menyebabkan kegemukan. Namun kebanyakan orang melakukan kesalahan dengan melakukan perkiraan saja saat menakar porsi mereka. Alih-alih menakar dengan ukuran yang benar, mereka menakar dengan mata saja dan membayangkan berapa porsi yang akan mereka hidangkan. Belajarlah untuk menakar porsi bahan makanan dengan benar terlebih dahulu, sebelum mengira-ngira berapa porsi bahan makanan yang Anda butuhkan.

3. Menjadi budak resep

 Memasak dengan mudah adalah dengan mengikuti resep yang sudah ada. Namun jika Anda terlalu menjadi budak resep, Anda jarang memperhatikan kesehatan dan takaran bahan makanan yang bisa membuat Anda gemuk. Ketika mengikuti resep, jangan lupa untuk mencoba resep itu menjadi lebih sehat dengan kreasi Anda sendiri. Misalkan ketika ada penggunaan secangkir krim dalam resep, Anda bisa menggantinya dengan Yogurt untuk memotong jumlah kalori dan lemak tanpa mengorbankan rasa dna tekstur makanan.

4. Terlalu banyak mencicipi masakan

 Akui saja, Anda tentu sering ngemil dan mencicipi bahan makanan sebelum atau bahkan sesudah memasak, bukan? Tampaknya ini hanya kebiasaan kecil yang sepele, dan memang tak akan langsung membuat Anda gemuk. Namun bayangkan jika setiap hari Anda mencomot bahan ini itu dari bahan memasak dan ketika masakan akan dihidangkan, maka sudah berapa kalori tambahan yang Anda konsumsi hanya saat memasak saja?

5. Memakan sisa makanan

 Anda merasa kenyang setelah makan malam, namun ketika akan mencuci piring, Anda melihat ada makanan yang belum habis. Beberapa orang menggunakan kesempatan ini untuk menghabiskan makanan tersebut, yang berarti menambah jumlah makanan yang mereka konsumsi. Atau terkadang orang juga menyimpan sisa makanan untuk dijadikan cemilan nantinya. Ini memang tidak menyia-nyiakan makanan, tetapi juga bisa membuat Anda menjadi gemuk jika dijadikan kebiasaan.

Itulah beberapa kesalahan saat memasak dan menyiapkan makanan yang bisa menyebabkan kegemukan. Apakah Anda sering melakukan beberapa hal di atas ketika memasak dan menyiapkan makanan? Jika iya, hentikan sekarang juga.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template