Comments

Friday, November 29, 2013

6 Penyakit mematikan dan paling misterius di dunia

Posted by at 4:54 AM Read our previous post

Di dunia ini ada berbagai macam penyakit, termasuk penyakit yang berbahaya dan mematikan. Sementara kebanyakan penyakit bisa dideteksi dan disembuhkan, masih ada beberapa penyakit yang tetap menjadi misteri, bahkan ketika wabah penyakit tersebut sudah menghilang.

Berikut adalah daftar penyakit-penyakit mematikan dan sangat misterius yang pernah terjadi di dunia, seperti dilansir oleh Cracked

1. Wabah menari



 Ini adalah penyakit mematikan sekaligus menakutkan yang diberi nama cukup konyol. Namun faktanya, Wabah menari atau Dancing Plague ini adalah penyakit sungguhan yang bisa membunuh. Pada tahun 1518 di Strasbourg, Prancis, seorang bernama Frau Troffea mulai menari di jalan. Setelah enam hari, orang lain mulai mengikuti tariannya. Setelah satu minggu, ada 34 orang yang mengikutinya dan pada akhir bulan ada 400 orang. Pada saat itu, sudah ada beberapa orang yang meninggal saat menari karena kelelahan, stroke, dan merasa lapar. Mereka tak bisa dihentikan.

Misteri:
Wabah ini tiba-tiba saja berhenti dengan sendirinya, dan hingga saat ini tak ada yang bisa mengetahui apa penyebab 400 orang Prancis tiba-tiba menari hingga meninggal dengan sendirinya. Banyak yang mengira hal ini berkaitan dengan kelainan mental secara massa, virus, atau infeksi yang mengenai otot. Namun tak sedikit yang beranggapan bahwa ini berkaitan dengan ilmu hitam.

2. Sindrom mati rasa


 Sindrom mati rasa atau Stiff Person Syndrome adalah keadaan ketika seseorang akan mati rasa dan tubuhnya tak bisa bergerak hingga mati. Awalnya, sindrom ini diawali dengan rasa kram pada beberapa bagian tubuh. Namun tak bisa hilang. Setelahnya, penderita akan merasa mati rasa dan tak bisa bergerak, hingga tubuh mereka seolah membeku. Pada akhirnya mereka akan mengalami kesulitan bernapas, menelan, dan bahkan mengalami tulang patah jika mencoba bergerak. Dan dipastikan mereka akan meninggal jika dibiarkan begitu.

Misteri:
Peneliti tak mengetahui mengapa hal ini bisa terjadi pada beberapa orang. Bisa jadi hal ini berkaitan dengan diabetes, genetik, atau penyakit lainnya. Namun sindrom ini sama sekali tak bisa diprediksi akan menyerang siapa dan akan terjadi berapa lama. Ada beberapa perawatan yang bisa dicoba, kebanyakan adalah suntikan secara berkala pada bagian yang mengalami mati rasa.

3. Penyakit keringat


 Apa Anda pernah mendengar istilah berdarah sampai mati? Ya, itu menakutkan. Namun lebih menakutkan lagi jika Anda berkeringat hingga mati dalam waktu yang singkat. Ya, Penyakit berkeringat atau Sweating Sickness ini membuat penderitanya terus berkeringat hingga meninggal. Penyakit ini telah datang dan pergi selama enam kali di Eropa. Awalnya penderita akan merasa ketakutan, kemudian menggigil dan merasa dingin dan mulai sakit kepala. Bagian bahu dan anggota tubuh mereka mulai sakit. Tahap ini berlangsung selama 30 menit sampai tiga ham. Selanjutnya korban akan mulai berkeringat terus-menerus. Penderita akan semakin banyak berkeringat hingga akhirnya meninggal. Pada tahun 1485 di Inggris, penyakit ini membunuh ribuan orang dalam satu tahun.

Misteri:
Tak ada yang mengetahui apa penyakit ini. Apakah ini disebabkan oleh virus, bakteri, racun, atau lainnya. Hingga saat ini tak ada yang mengetahuinya. Yang pasti penyakit ini sangat menular dan telah mengambil nyawa ribuan orang dalam enam kali kedatangannya di Eropa.

4. Penyakit ternak misterius di Jerman


Bayangkan, Anda memiliki sapi ternak yang gemuk dan terlihat sehat. Namun tak lama kemudian, sapi tersebut sakit dan terus mengeluarkan darah sat berkeringat. Bahkan sentuhan sedikit saja bisa membuatnya terluka, seolah-olah jari Anda adalah hiu yang bergigi runcing. Ternak-ternak itu tak mau makan dan terus kesakitan. Hingga akhirnya mereka mati dengan cara yang mengenaskan. Itulah yang terjadi pada ternak di Jerman ketika terserang dengan penyakit misterius.

Misteri:
Tak ada yang tahu mengapa hal ini bisa terjadi. Para ternak di Jerman ini sudah divaksin dengan segala jenis vaksin yang ada, namun tetap mengalaminya. Penyakit ini menyebar dari Jerman ke Belgia. Hingga saat ini peneliti hanya berasumsi bahwa ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh sapi yang terlalu aktif dan membunuh diri mereka sendiri.

5. Ebola dan Lujo


 Sulit untuk membayangkan bahwa di Afrika, yang telah banyak tersebar virus AIDS dan demam, serta malaria, masih ada penyakit yang lebih mengerikan dan berbahaya, yaitu Ebola dan Lujo. Kedua penyakit ini menyebabkan penderitanya berdarah dalam tubuh hingga mati. Penyakit lainnya yang berkaitan dengan ini adalah Marburg yang membuat penderita menangis darah.

Misteri:
Tak ada yang tahu apa yang menyebabkan virus ini. Bisa jadi monet, kelelawar, tikus, bunga, nyamuk, dan lainnya. Ebola pertama kali muncul pada tahun 1976 dengan tingkat kematian 90 persen. Sementara Lujo hanya ditemukan pada satu kasus pada tahun 2008 yang berasal dari Zambia ke Afrika Selatan. Penyakit ini membunuh 80 persen orang yang terinfeksi.

6. Prion

Ada beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh prion, beberapa kemungkinan tak pernah Anda dengar, seperti Kuru dan Creutzfeldt. Salah satunya yang kemungkinan pernah Anda dengar adalah Penyakit Sapi Gila. Semua penyakit prion memiliki kesamaan, yaitu mereka menyerang sistem saraf pusat dan membuat lubang di sana. Prion akan mendatangi otak dan membuat lubang-lubang pda otak. Seiring waktu, lubang itu akan semakin membesar dan membuat penderitanya menjadi gila. Yang lebih parah, penyakit ini sangat menular dan tak bisa disembuhkan.

Misteri:
Yang menjadi misteri adalah tak ada yang mengetahui dari mana asal prion. Prion bukanlah bakteri atau virus, mereka berbentuk bakteri namun memiliki efek yang jahat. Sangat mungkin tubuh kita membentuk prion jika ada sesuatu yang salah.

Itulah beberapa penyakit mematikan di dunia yang masih misterius dan belum ditemukan penyebab atau penyembuhnya. Untungnya kebanyakan penyakit itu ada di masa lalu. Namun tak menutup kemungkinan bahwa penyakit tersebut masih ada hingga saat ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template