Comments

Friday, November 29, 2013

10 Manfaat menakjubkan dari jagung

Posted by at 5:54 AM Read our previous post

Orang Indonesia tentu tidak asing dengan jagung. Jagung biasanya dikonsumsi sebagai cemilan atau diolah menjadi jajanan yang diminati oleh banyak orang. Jagung ternyata tak hanya enak tetapi juga menyimpan banyak vitamin, mineral, serta serat yang bisa menyehatkan tubuh.
Berikut adalah beberapa manfaat hebat yang bisa Anda dapatkan dengan makan jagung, seperti dilansir oleh Boldsky 

1. Baik untuk pencernaan


Jagung mengandung banyak serat yang bisa mempercepat proses pencernaan dalam tubuh. Berdasarkan banyak penelitian, satu cangkir jagung ukuran sedang bisa memberikan 10 persen kebutuhan serat dalam sehari.

2. Penting dikonsumsi saat hamil


Jika Anda hamil, makan jagung bisa sangat membantu untuk kandungan. Jagung mengandung asam folat yang penting bagi ibu dan janin selama kehamilan. Jika kekurangan asam folat, bayi bisa kekurangan berat badan dan bisa mengalami kelainan atau cacat lahir.

3. Baik untuk mata


Mengonsumsi jagung setiap hari baik untuk kesehatan mata. Jagung diketahui mengandung karoten yang bisa menurunkan risiko kerusakan mata. Tak hanya itu, karoten lutein dan zeaxanthin yang ada dalam jagung juga bisa mencegah katarak.

4. Menjaga kesehatan jantung


Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang terkandung dalam jantung membantu menyehatkan jantung. Karotenoid yang ada di dalamnya bisa mencegah penebalan arteri dan mengontrol tingkat kolesterol dalam darah.

5. Tinggi kalori dan vitamin


Jagung diketahui kaya kalori dan bisa memberikan sekitar 342 kalori per 100 gram. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin B, terutama Niacin dan Thiamin yang penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Kekurangan niacin bisa menyebabkan demensia, dermatitis. Sementara kekurangan thiamin bisa menyebabkan kerusakan saraf.

6. Sumber mineral


Jagung adalah makanan yang mengandung banyak mineral seperti magnesium, mangan, zat besi, tembaga, zinc, dan selenium yang sangat penting untuk fungsi organ tubuh. Fosfor yang terkandung dalam jagung juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsi ginjal. Sementara magnesium bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol detak jantung agar tetap normal.

7. Mencegah anemia


Jika Anda memiliki anemia, sebaiknya konsumsi jagung secara teratur. Anemia disebabkan oleh kurangnya vitamin B12, asam folat, dan zat besi. Jagung bisa memberikan asupan vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang baik bagi pembentukan sel darah merah.

8. Mengontrol diabetes


Pasien diabetes biasanya disarankan untuk mengonsumsi jagung sebagai salah satu bagian dietnya. Hal ini karena dalam jagung terdapat zat yang bisa mengontrol tingkat gula darah. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mengonsumsi jagung juga memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes dibandingkan orang yang tak makan jagung. Zat phytochemicals yang ada di dalamnya diketahui bisa menangkal diabetes.

9. Melawan kanker


Jagung kaya akan antioksidan yang bisa melawan berbagai macam bentuk kanker. Kandungan phenolic yang ada di dalam jagung adalah zat anti-karsinogen yang menangkal kanker payudara dan kanker hati. Selain itu, di dalam jagung juga terkandung antioksidan lain yang bisa membunuh sel kanker tanpa melukai sel sehat dalam tubuh.

10. Baik untuk kulit


 Tepung jagung telah banyak digunakan dalan kosmetik karena bisa memberikan manfaat untuk kulit. Antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa menunda proses penuaan. Melakukan pijat dengan minyak jagung juga bisa meningkatkan tekstur kulit untuk membuatnya terlihat lebih bersinar.
Itulah beberapa manfaat dari jagung. Selain untuk menjaga kesehatan jantung, mata, melawan kanker dan mengontrol diabetes, jagung juga memiliki kemampuan mempercantik kulit. Jangan ragu untuk makan jagung setiap hari!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template