Comments

Thursday, November 21, 2013

9 Tips atasi mata lelah akibat memakai komputer

Posted by at 4:43 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Komputer adalah benda yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian hidup Anda. Anda bekerja, berkomunikasi, dan melakukan kegiatan lainnya kebanyakan di depan komputer.

Terlalu banyak menggunakan komputer dapat kelelahan pada mata sehingga dapat membuat mata merah, berkedut, dan penglihatan kabur.

Untuk mengatasi hal tersebut, ikuti tips berikut seperti dilansir dari healthmeup.com.

1. Beristirahat

 Menatap layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang. Oleh karena apabila Anda merasa lelah, segeralah beristirahat entah dengan berjalan-jalan atau melihat benda lain selama beberapa detik.

2. Berkedip

 Berkedip adalah cara sederhana untuk membuat mata Anda kembali segar apabila Anda merasa lelah pada bagian mata.

3. Buatlah jarak dengan komputer Anda

 Pastikan bahwa tempat duduk Anda dengan komputer berada pada jarak yang baik. Selain itu bekerja di dalam ruangan berpendingin akan membuat mata cepat lelah karena udara dingin dapat membuat mata menjadi kering.

4. Mengendurkan otot mata

 Anda dapat mengendurkan oto mata dengan cara menggosok-gosokkan kedua tangan sehingga menciptakan panas tubuh dan kemudian ditempatkan di atas mata. Panas tubuh ini dapat membuat otot mata menjadi rileks.

5. Pijat

 Sebelum tidur, cobalah untuk memijat kelopak mata Anda dengan lembut dengan gerakan melingkar selama 2 menit. Pijatan adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata Anda.

6. Lindungi mata di bawah sinar matahari

Jika Anda di luar ruangan, sebaiknya lindungi mata Anda dengan sun glasses yang tepat.

7. Gunakan kacamata anti silau

 Cara lain untuk melindungi dari sinar komputer adalah dengan memakai kacamata anti silau.

8. Aturlah kecerahan layar komputer Anda

 Layar komputer yang terlalu terang dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Aturlah cahaya kecerahan layar komputer Anda dengan baik untuk menghindari hal ini.

9. Rajin memeriksakan mata

 Walaupun Anda tidak berkacamata, namun tidak ada salahnya apabila Anda rajin memeriksakan mata ke dokter mata. Ini adalah cara yang baik untuk mendeteksi berbagai penyakit yang berhubungan dengan mata.

Mata adalah salah satu panca indera yang penting. Oleh karena itu menjaga kesehatannya adalah suatu kewajiban agar mata Anda dapat berfungsi dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template