Comments

Thursday, November 21, 2013

7 Kebiasaan buruk yang menyebabkan sakit punggung

Posted by at 5:03 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Semua orang pasti pernah mengalami sakit punggung. Sakit punggung tak harus diakibatkan oleh hal-hal yang besar seperti jatuh atau lainnya. Kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari pun bisa menyebabkan sakit punggung.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa memicu munculnya sakit punggung, seperti dilansir oleh Fitnea.

1. Memakai kasur lama

 Kasur yang baik bertahan antara delapan sampai 10 tahun. Jika Anda memakai kasur yang sudah berusia lebih dari 10 tahun, kemungkinan tulang punggung tak mendapatkan dukungan yang dibutuhkannya. Hal ini nantinya bisa meningkatkan risiko terkena sakit punggung. Segera ganti kasur Anda dengan kasur baru yang tak terlalu keras atau empuk. Cari kasur yang bisa menopang tulang punggung dengan baik.

2. Membawa tas besar

 Jika Anda adalah orang yang suka membawa tas punggung besar dan berat, punggung Anda lebih berisiko sakit. Membawa tas samping yang besar dan berat juga tak membantu, karena pundak Anda akan tertarik ke samping dan membuat tulang punggung menjadi tak seimbang. Ketika membawa barang-barang dalam tas, pastikan berat tas tak melebihi 10 persen berat badan Anda.

3. Memakai stiletto atau sepatu flat

Sepatu dengan hak yang terlalu tinggi akan memaksa Anda melengkungkan punggung. Ini akan menyebabkan tekanan yang besar pada persendian. Tak hanya sepatu berhak tinggi, sepatu flat juga buruk untuk kaki, namun ini bergantung pada jenis kaki Anda. Memakai sandal tanpa dukungan yang baik untuk kaki dan punggung juga tak baik karena kaki akan cenderung bergerak ke samping dan membuat berat badan tak stabil.

4. Mendendam

 Ya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang sulit memaafkan orang lain dan memiliki kebiasaan menyimpan dendam dan kemarahan berkemungkinan lebih tinggi mengalami sakit punggung. Hal ini karena emosi juga mempengaruhi tekanan dapat tulang dan pikiran isa secara langsung mempengaruhi besarnya rasa sakit yang dirasakan. Memendam kemarahan tak hanya buruk untuk tubuh, tetapi juga untuk mental.

5. Terlalu banyak duduk

 Bukan rahasia lagi kalau duduk terlalu lama buruk untuk kesehatan. Salah satunya adalah buruk untuk punggung, terutama jika Anda duduk dengan postur tubuh yang salah. Duduk dengan postur tubuh salah dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan otot punggung melemah karena tak aktif. Duduk juga bisa memberikan tekanan 50 persen lebih besar pada persendian. Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk seharian, jangan lupa sering-seringlah berdiri dan berjalan-jalan ketika ada waktu.

6. Stres

 Ketika Anda merasa stres, seluruh tubuh Anda juga merasa stres termasuk otot pada leher dan punggung. Dan jika Anda tak segera mengatasi stres yang dirasakan, hal tersebut akan menyebabkan rasa sakit pada bagian punggung. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Anda meredakan stres dengan meditasi atau cara lainnya.

7. Makan junk food

 Makan junk food tak hanya bisa membuat cepat gemuk, tetapi juga bisa mempengaruhi punggung. ketika berat badan bertambah, berarti Anda juga menambahkan beban pada tulang punggung. Untuk itu, menurunkan berat badan dengan mengurangi konsumsi junk food bisa membantu Anda menurunkan risiko sakit punggung. Tak hanya itu, menghindari junk food juga membuat Anda tetap sehat.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko sakit punggung. Periksa lagi apakah ada hal-hal di atas yang sering Anda lakukan. Jika iya, hentikan sekarang juga sebelum kebiasaan tersebut memicu sakit punggung.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template