Comments

Friday, November 29, 2013

Sejarah Bra Dari Tahun 1857

Posted by at 6:01 AM Read our previous post

Bra kini begitu mudah dijumpai dalam berbagai model dan dengan berbagai aksen cantiknya. Dilansir More pada bulan Oktober kemarin, bra baru saja berulang tahun yang ke 150. Sudah cukup tua bukan? Mari simak transformasi bra dari masa ke masa, hingga di usianya yang sekarang ini.

1. 1857 - Korset yang amat ketat


 Pada abad ke-19, para ahli anatomi tubuh Eropa mulai mengembangkan penelitian terhadap risiko penggunaan korset ketat sebagai pakaian penyangga payudara. Penelitian mereka membuktikan bahwa penggunaan korset ini dapat menyebabkan perubahan bentuk pada tulang iga pemakainya, yang kemudian dapat mendatangkan risiko kesehatan yang lebih besar seperti tuberkulosis. Salah satu esai argumen mengenai korset yang paling berpengaruh pada zaman tersebut adalah "An Examination of Five Plagues: Corsets, Tobacco, Gambling, Strong Drink, and Illegal Speculation".

2. 1863 - Bra cup pertama


 Seorang pria bernama Luman Caman dari Camden, New Jersey, menerima hak paten atas penemuannya yakni bra modern pertama sebagai pengganti korset. Dengan desain cup dan tali lebar yang elastis di bahu dan punggung, bra temuannya ini kemudian menjadi idola baru bagi para wanita pada zaman tersebut yang telah tersiksa memakai korset selama 3 abad terakhir.

3. 1901 - Bra semi-atletik


 Pada masa ini, masyarakat Eropa mulai diperkenalkan pada jenis bra korset yang lebih menopang sebagian besar tubuh bagian atas, dengan tampilan yang lebih atletis. Target pasar bra jenis ini pada saat itu adalah para pegolf, penyanyi, pengajar dan ibu hamil.

4. 1910 - Bra 'truth or dare'


Seorang sosialita bernama Mary Phelps Jacob mengklaim dirinya telah menemukan bra modern dengan menjahit 2 potong sapu tangan dengan pita berwarna pink hingga berbentuk seperti pola dasar bra masa kini. Beberapa sumber menyatakan bahwa penemuan ini sebetulnya terjadi pada tahun 1913.

5. 1911 - Pakaian dalam yang lengkap dari bahan sutra


 Pada tahun ini, sutra mulai umum digunakan sebagai bahan dasar penggunaan pakaian dalam, dari mulai bra, stocking hingga celana dalam.

6. 1917 - Korset cup


The U.S. War Industries Board melarang para wanita untuk membeli korset ketat pada masa ini. Hal ini disebabkan oleh pemerintah yang saat itu perlu menghemat pengeluaran untuk penyediaan kawat besi guna membangun kapal tempur. Akhirnya, industri mengubah produksi korset ketat mereka dengan bra cup dengan penyangga kawat yang pertama di dunia. Pada masa yang sama di Prancis, Mata Hari, mata-mata wanita yang selalu mengenakan bra yang penuh ornamen kawat, dieksekusi.

7. 1943 - Bra "Hollywood"


Sejarahnya, seorang aktris asal Amerika Serikat bernama Jane Rusell membutuhkan bra yang akan digunakannya dalam pembuatan film 'The Outlaw', membuat bra desainnya sendiri. Desain ini kemudian booming di Amerika Serikat.

8. 1951 - Bra yang dapat ditiup


Sebuah pabrik pakaian dalam dari Connecticut memperkenalkan produk terbaru mereka yakni bra yang bisa ditiup. Diberi nama The Tr?s Secr?te, bra ini kemudian menjadi pilihan para wanita untuk menyiasati 'ukuran' yang kecil. Bahkan, pabrik pakaian dalam wanita lainnya yakni Kabo, memproduksi saingan bra tiup ini dan melengkapinya dengan kantong parfum yang bisa dibongkar-pasang.

9. 1960 - Bra 'good girl, gone bad'


 Mungkin ini adalah masa pertama saat bra hitam menjadi populer di seluruh dunia berkat penampilan Janet Leigh di film Psycho. Pada penampilan pertamanya, Janet memakai bra putih yang berkesan 'good girl' lalu menggantinya dengan bra berenda warna hitam yang menjadi simbol 'gone bad'-nya.

10. 1977 - Bra sport pertama


 Bra sport pertama di dunia awalnya hanya digunakan saat jogging, dengan nama Jogbra. Penemu ide Jogbra ini adalah dua orang wanita Amerika, dengan memotong 2 celana dalam pria yang khusus digunakan saat berolahraga, lalu menjahitnya menjadi satu.

11. 1990 - Bra dengan cone cup


 Pada sebuah konsernya di tahun ini, Madonna mengenakan bra dengan cup berbentuk kerucut yang didesain oleh Jean Paul Gaultier. Bra ini kemudian menjadi tren baru di seluruh dunia.

12. 1994 - Bra modern


The Wonder Bra, salah satu produk bra ternama yang kemudian hak patennya dimiliki oleh Sarah Lee Corp., menjadi best-seller hampir di seluruh dunia. Desainnya kemudian dikembangkan menjadi semakin modern seperti bra yang kita kenali sekarang ini oleh Victoria's Secret dengan nama The Miracle Bra.

13. 1999 - Bra sport modern


 Pemain sepakbola wanita legendaris asal Amerika Serikat, Brandi Chastain, merayakan golnya dalam balutan bra sport yang menyangga payudara dengan penuh (berbentuk singlet yang terpotong di bagian dada) berwarna gelap. Gol ini kemudian mengantarkan Amerika Serikat menjuarai Women's World Cup pada tah

14. 2007 - Bra tanpa tali punggung


 Elaine Cato menjadi finalist acara American Inventor yang ditayangkan oleh ABC, dengan menghadirkan bra tanpa tali punggung alias backless bra.

15. 2009 - Bra super mewah


Untuk pertama kalinya di runway Victoria's Secret, seorang modelnya memperagakan bra seharga 3 juta dolar yang bertaburan 2350 berlian.

16. 2010 - Bra senapan


 Lady Gaga muncul sebagai cover majalah Rolling Stones dalam balutan bra hitam yang di bagian cup-nya dipasangkan 2 mainan machine guns.

17. 2013 - Bra dengan desain pemakainya sendiri


 Inovasi ukuran bra datang dari Jockey setelah melakukan survei terhadap 800 wanita baru-baru ini. Kini wanita dapat menentukan sendiri ukuran bra yang pas saat membeli dengan cara mencoba 10 pasang cup bra plastik secara bergantian. Cup plastik ini diintegrasikan dengan sistem komputer untuk memberikan Anda ukuran bra yang betul-betul sesuai dengan bentuk payudara Anda. truandco.com yang sahamnya juga dimiliki oleh mantan karyawan Microsoft, mencoba program ini dan menjanjikan kesempurnaan bagi para pemakainya. Pada 36 jam pertama peluncurannya, ada 20.000 wanita dari seluruh dunia yang mendaftarkan diri.

Itulah catatan sejarah tentang perkembangan bra dari masa ke masa.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template