Comments

Friday, November 29, 2013

12 Masalah kesehatan yang biasa terjadi saat kehamilan

Posted by at 5:01 AM Read our previous post

Kehamilan adalah anugerah yang ditunggu-tunggu oleh wanita. ketika Anda hamil, ada banyak perubahan tubuh yang akan Anda alami. Kenaikan berat badan, peningkatan tekanan darah, kram, hingga nyeri tubuh adalah hal-hal yang akan Anda alami selama masa kehamilan.

Selain masalah tersebut, berikut adalah masalah kesehatan yang umum dialami oleh ibu hamil seperti dilansir dari boldsky.com.

1. Sakit punggung



 Selama masa kehamilan, tubuh Anda akan meregang seiring dengan pertumbuhan janin Anda. Hal ini menimbulkan tekanan dan ketegangan di punggung bawah dan panggul.

2. Sering buang air kecil


 Hal ini terjadi karena terjadi tekanan pada kandung kemih Anda seiring dengan pertumbuhan janin di perut. Sehingga Anda pun akan sering mengalami buang air kecil.

3. Mual


 Morning sickness atau mual-mual di pagi hari adalah hal yang wajar Anda alami selama masa kehamilan. Selain mual, Anda juga akan muntah dan mengalami mood swing selama trimester pertama dan bisa berlanjut hingga ke trimester kedua.

4. Susah tidur


Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan Anda membuat Anda susah tidur. Selain itu, nyeri yang terjadi di sekujur tubuh juga membuat Anda kesulitan dalam memejamkan mata.

5. Leaking nipples


 Leaking nipples atau air susu yang tiba-tiba keluar adalah tanda bahwa payudara sedang mempersiapkan untuk menyusui.

6. Masalah kulit dan rambut


Stretch mark, kulit kering, dan rambut rontok adalah beberapa masalah rambut dan kulit yang dialami oleh wanita hamil. Hal ini terjadi karena perubahan hormon.

7. Sembelit


 Perubahan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan sembelit. Cegah sembelit dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat dan kadar air.

8. Pendarahan


Anda mungkin akan mengalami bercak pendarahan di bulan pertama kehamilan. Namun apabila hal ini berlangsung dengan serius, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

9. Sakit kepala


 Beberapa wanita hamil menderita sakit kepala selama beberapa minggu pertama kehamilan. Selain hormon, mual dan muntah yang menyebabkan tekanan di kepala juga dapat membuat pusing.

10. Keputihan


 Bila Anda sedang hamil, maka volume cairan keputihan yang keluar dapat bertambah banyak.

11. Kram


Kram adalah salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada wanita hamil. Selama masa kehamilan, Anda akan sering mengalami kram yang tiba-tiba terjadi di otot betis, perut, atau kaki.

12. Gangguan pencernaan


 Selain sembelit, wanita hamil juga akan mengalami gangguan pencernaan yang disebabkan karena perubahan hormon dan juga pertumbuhan janin. Seringkali gangguan pencernaan disertai dengan mulas.

Lalui masa kehamilan Anda dengan pikiran dan perasaan yang bahagia agar beberapa gangguan kesehatan tersebut tidak terasa berat. Selain itu tingkatkan kesehatan Anda dan juga bayi Anda dengan selalu mengonsumsi makanan sehat dan menjalani pola hidup yang sehat pula.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template