Comments

Tuesday, November 19, 2013

Perut terasa kembung? Atasi dengan 6 makanan ini!

Posted by at 4:25 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Kita semua tentu pernah mengalami perut kembung. Ketika terasa sensasi penuh dan tak nyaman pada perut. Perut kembung sebenarnya terjadi karena proses natural selama pencernaan. Hal ini dipicu oleh produksi gas dan cairan asam pada tubuh.

Meski begitu, tentunya kita tak ingin rasa kembung dan tak nyaman itu berkepanjangan. Untuk meredakannya, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini, seperti dilansir oleh You Beauty

1. Nasi

 Beberapa makanan, terutama yang mengandung beberapa jenis karbohidrat bisa memicu produksi gas dan menyebabkan kembung. Namun tidak dengan nasi, karena nasi bisa dicerna secara keseluruhan, bahkan pada usus kecil. Nasi akan mencegah penimbunan gas dalam perut dan mengurangi rasa kembung.v

2. Pisang (potassium)

 Kembung tak selalu berkaitan dengan gas. Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung sodium juga bisa menyebabkannya. Saat ini sodium bisa tersembunyi pada banyak makanan yang ada di restoran maupun pada makanan cepat saji. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan makanan yang banyak mengandung potassium. Potassium akan menjaga kadar sodium dalam tubuh dan mencegah rasa kembung.

3. Yogurt (probiotik)

 Mengonsumsi yogurt akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus dan organ pencernaan. Hal ini akan membuat proses pencernaan semakin efektif dan mencegah rasa kembung. Akan lebih baik jika Anda memilih yogurt plain yang tidak mengandung lemak. Jika ingin menambahkan rasa manis, Anda bisa menambahkan buah segar daripada memilih yogurt dengan rasa-rasa buah.

4. Teh herbal

 Peneliti dari University's Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint bisa meredakan peradangan dalam organ pencernaan yang bisa membantu mengatasi rasa kembung dan mual. Untuk mengobati kembung secara cepat, minum teh peppermint untuk membuat pencernaan menjadi tenang dan mencegah adanya kontraksi otot.

5. Mentimun

 Mentimun yang mengandung banyak air dan serat bisa membantu Anda untuk lebih banyak buang air kecil. Ini adalah salah satu cara untuk meredakan rasa kembung. Selain itu, manfaat lainnya mentimun juga bisa membantu Anda lebih cepat kurus atau setidaknya merasa kurus.

6. Pepaya

 Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya memiliki zat bernama papain dan ketika dipanen, buah ini bisa membantu menjaga gerakan usus saat mencerna makanan. Pepaya bisa menjadi buah yang tepat untuk membantu meredakan kembung. Selain mudah didapatkan, harga pepaya juga relatif murah.

Ingat, bahwa setiap makanan juga bisa mempengaruhi kemungkinan Anda merasakan kembung. Jika Anda terlalu sering merasa kembung, coba perhatikan makanan apa yang baru saja Anda konsumsi. Merasa kembung adalah hal yang normal, namun jika terjadi terlalu sering kembung juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template