Comments

Friday, November 29, 2013

Sering merasa mudah lapar? 8 Hal ini penyebabnya

Posted by at 5:25 AM Read our previous post

Baru makan siang atau sarapan, namun beberapa jam kemudian Anda sudah merasa lapar? Anda tak sendirian. Ada banyak orang yang juga mengalaminya. Terkadang ada saat-saat di mana nafsu makan Anda sangat besar dan seolah-olah Anda ingin memakan semua makanan yang ada di jangkauan Anda.

Namun, nafsu makan besar yang tiba-tiba ini bukan tanpa alasan. Jika Anda sedang atau pernah merasakannya, kemungkinan penyebabnya adalah beberapa hal berikut ini, seperti dilansir olehHuffington Post 

1. Kurang tidur


Pernah merasa perut keroncongan ketika baru bangun tidur dan matahari bahkan belum terbit? Itu akibat Anda kurang tidur pada malam sebelumnya. Kurang tidur bisa meningkatkan kinerja hormon ghrelin yang bisa menyebabkan rasa lapar ketika kalian bangun keesokan harinya. Dan buruknya, ketika Anda merasa sangat lapar karena kurang tidur, Anda akan sangat tertarik dengan makanan yang penuh karbohidrat karena tubuh Anda membutuhkan energi. Itulah kenapa, tidur cukup juga menjadi salah satu syarat untuk menurunkan berat badan.

2. Akan mengalami menstruasi


 Para wanita pasti setuju, bahkan ketika masa-masa sebelum menstruasi nafsu makan mereka akan meningkat. Selama fase pra-menstruasi, hormon progesteron meningkat. Hal ini tak hanya meningkatkan emosi dan rasa tak puas terhadap tubuh, melainkan juga meningkatkan nafsu makan.

3. Salah memilih sarapan

 Sarapan adalah jenis makanan yang paling penting dan paling mudah untuk 'dirusak'. Mengonsumsi makanan yang salah di pagi hari saat sarapan bisa berimbas pada pola makan Anda seharian. Sebuah penelitian tahun 2013 menunjukkan bahwa protein adalah hal yang penting dikonsumsi saat sarapan. Mereka yang mengonsumsi sarapan berprotein tinggi tidak akan terlalu banyak ngemil atau makan makanan berlemak selama seharian. Sebaliknya, jika seseorang mengonsumsi sedikit protein st sarapan, mereka akan mudah merasa lapar dan makan makanan berlemak sepanjang hari.

4. Memakai obat-obatan tertentu


 Beberapa jenis obat yang digunakan untuk mengatasi alergi atau arthritis bisa menyebabkan efek samping berupa nafsu makan yang meningkat. Namun menurut penelitian, setelah selesai menggunakan obat-obatan tersebut nafsu makan akan kembali normal. Namun jika Anda merasa tak nyaman dengan efek samping tersebut, konsultasikan dengan dokter mengenai pilihan obat lain yang memiliki efek samping lebih ringan.

5. Terlalu banyak minum soda


Minuman bersoda, terutama yang memiliki nol kalori (zero-calori) bisa membuat nafsu makan Anda bertambah. Penyebabnya adalah sinyal yang dikirimkan oleh soda pada otak. Ketika minum soda, otak akan mendapat sinyal bahwa ada kalori yang masuk. Namun karena yang dikonsumsi adalah soda nol-kalori, maka otak mencari 'pelampiasan' lain dengan mencari makanan untuk dikonsumsi. Meski begitu, peneliti mengungkap bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengerti trik ini.

6. Kehausan


 Sedikit kehausan dan dehidrasi terkadang bisa membuat tubuh merasa lelah dan malas. Sama seperti ketika Anda kurang tidur, terkadang tubuh menangkap sinyal ini sebagai kekurangan energi, sehingga mereka mencari kalori untuk dikonsumsi. Ini artinya, Anda bisa saja merasa lapar padahal sebenarnya Anda sedang kehausan. Peneliti menyarankan agar Anda minum segelas air, kemudian menunggu beberapa menit untuk melihat hasilnya, sebelum mengonsumsi makanan.

7. Bosan


Ya, jangan kaget. Bosan juga bisa membuat Anda merasa lapar dan ingin makan. Ketika seseorang merasa bosan, kinerja dopamine, yaitu zat kimia yang memicu motivasi dan perasaan bahagia, mulai menurun. Untuk itu, otak mencari cara untuk memicu dopamine agar kembali bekerja dengan mencari makanan. Jika Anda merasa bosan dan mulai lapar, ingat bahwa itu sebenarnya bukan permintaan lambung, melainkan otak. Sebaiknya jangan makan, tapi coba baca buku, dengarkan musik, atau kegiatan lain yang bisa membuat Anda tidak bosan.

8. Stres


 Ketika seseorang mengalami stres, detak jantung mereka meningkat, begitu juga kinerja otot. Seolah-olah kita sudah mengeluarkan energi untuk lari maraton, padahal tidak. Karena itu, tubuh kemudian mencari makanan untuk mengisi energi yang kita habiskan dalam mengolah stres yang dirasakan. Dengan kata lain, stres juga bisa membangkitkan nafsu makan dan membuat seseorang merasa ingin makan makanan berlemak dan manis.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat Anda merasa selalu lapar padahal sudah makan. Jika nanti Anda merasa lebih sering lapar, coba perhatikan apakah Anda mengalami hal-hal di atas. Jika iya, bisa jadi lapar itu tak datang dari lambung, melainkan otak Anda sendiri.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template