Comments

Friday, November 29, 2013

5 Alasan makan donat bisa merusak kesehatan

Posted by at 4:39 AM Read our previous post

Siapa sih yang tidak suka donat? Roti lembut dan gula aneka rasa yang meleleh di atasnya, tentu bisa membuat banyak orang tergoda. Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi donat, karena donat juga bisa memberikan efek yang buruk bagi kesehatan.
Berikut adalah beberapa alasan Anda harus mengurangi atau bahkan berhenti makan donat sekarang juga, seperti dilansir oleh Fitnea.
1. Tak sehat
Berbeda dengan donat yang dibuat sendiri atau dibuat oleh pengusaha rumahan, donat-donat yang dibuat di sebuah dapur besar kemudian didistribusikan ke outlet berbeda di kota atau berbeda kota sudah jelas tidak langsung dikeluarkan dari oven, atau dengan kata lain tidak 'segar'. Kalaupun segar, Anda juga harus memperhatikan minyak yang digunakan untuk menggorengnya. Kebanyakan minyak yang digunakan untuk menggoreng donat pada usaha berskala besar hanya diganti sekali setiap dua minggu. Sementara itu, donat yang baik biasanya hanya bertahan hingga beberapa jam. Jadi Anda pasti tak akan mau mengonsumsi donat yang sudah ada di rak seharian.
2. Merusak gigi
Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi donat, gigi akan lebih mudah berlubang dan gusi akan lebih mudah berdarah. Kadar gula dalam donat bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Untuk itu, sebaiknya kurangi konsumsi donat sekarang juga sebelum gigi Anda keropos dan harus dibayar dengan perawatan yang mahal.
3. Menaikkan berat badan
Banyak makan donat bisa membuat Anda lebih mudah gemuk dan cepat lelah. Selain gula yang terkandung di dalamnya, donat juga mengandung lemak yang bisa membuat gemuk. Daripada terlalu banyak makan donat, sebaiknya mulailah mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti salad atau buah-buahan.
4. Mengganggu kesehatan mental
Zat kimia yang terkandung dalam donat bisa membuat otak tak bekerja dengan maksimal. Orang yang terlalu banyak makan donat memiliki kecenderungan untuk membuat keputusan yang terlalu terburu-buru yang pada akhirnya akan merugikannya.
5. Tingkatkan risiko diabetes
Selain menyebabkan lebih cepat gemuk, terlalu banyak mengonsumsi donat juga bisa membuat Anda lebih cepat kena diabetes. Hal ini karena lemak dan gula yang terkandung dalam donat. Orang yang banyak makan donat disertai dengan gaya hidup yang pasif dan jarang olahraga tentunya membuat mereka lebih rentan terkena penyakit seperti obesitas dan diabetes. Untuk itu, kurangi konsumsi donat mulai sekarang.
Itulah beberapa efek negatif yang bisa Anda dapatkan jika terlalu banyak makan donat. Anda boleh menikmati donat sesekali. Namun jangan terlalu banyak, dan diimbangi dengan cemilan lain yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Selain itu juga lakukan gaya hidup yang baik dengan rajin olahraga dan selalu aktif untuk menangkal efek negatifnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template