Comments

Friday, November 29, 2013

8 Fakta tentang penyakit jantung yang harus diketahui

Posted by at 4:46 AM Read our previous post

Di beberapa negara, penyakit jantung adalah penyebab kematian terbesar. Ini tentunya sangat mengkhawatirkan. Untuk itu, sangat baik jika kita mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan cara menangkal penyakitnya.
Berikut adalah beberapa fakta mengenai jantung yang perlu diketahui oleh semua orang, seperti dilansir oleh Fitnea.

1. Tidur delapan jam bisa melindungi jantung


Tidur selama tujuh sampai delapan jam setia[p malam diketahui bisa melindungi kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam setiap hari memiliki risiko terkena penyakit jantung tiga kali lipat lebih besar. Hal ini berkaitan dengan aktivitas insulin dalam tubuh. Kurang tidur akan memuat tingkat insulin melonjak dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Sementara itu, selalu merasa lelah adalah salah satu gejala penyakit jantung yang sering diabaikan oleh banyak orang, terutama wanita.

2. Menurunkan berat badan turunkan risiko penyakit jantung


Tentu saja, berat badan sangat penting. Namun lingkar pinggang adalah ukuran yang lebih baik untuk melihat kesehatan jantung. Wanita yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 40 inci dan pria yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 45 inci memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa bahkan menurunkan sekitar 10 - 15 persen dari berat badan bisa meningkatkan kesehatan jantung. Melakukan olahraga 25 - 55 menit sehari juga bisa membuat jantung lebih kuat serta mengurangi jumlah kolesterol buruk dan tekanan darah tinggi.

3. Tertawa bisa menyehatkan arteri


Tertawa adalah obat yang paling manur. Tubuh merespon tawa dengan menurunkan hormon stres. Selain itu, tawa juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang jarang tertawa memiliki risiko terkena serangan jantung dua kali lebih besar.

4. Red wine bisa menguatkan jantung


 Meski mengejutkan, namun penelitian mengungkap bahwa meminum segelas red wine bisa menguatkan kesehatan jantung karena kadar antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan dalam red wine akan melindungi pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. Meski begitu, ini bukan alasan untuk mengonsumsi terlalu banyak red wine karena juga bisa berbahaya untuk kesehatan.

5. Penting mengetahui riwayat keluarga


 Mengetahui riwayat kesehatan keluarga adalah kunci penting untuk kesehatan jantung. Jika salah satu anggota keluarga pernah mengalami masalah jantung, maka risiko Anda terkena penyakit jantung juga cukup tinggi. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas riwayat kesehatan keluarga Anda untuk mengetahui risiko penyakit yang mungkin Anda derita.

6. Seks bisa menyehatkan jantung


Melakukan seks minimal dua kali seminggu ternyata adalah cara alami untuk meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan seks secara teratur bisa menurunkan tekanan darah. Melakukan seks setidaknya dua kali seminggu juga bidang menurunkan risiko penyakit jantung dua kali lipat pada pria.

7. Mendengkur adalah tanda masalah jantung


Jangan remehkan kebiasaan mendengkur, karena mendengkur bisa jadi sebuah gejala penyakit. Orang dengan kebiasaan mendengkur memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena penyakit jantung yang berbahaya. Begitu juga dengan sleep apnea yang bisa meningkatkan tekanan darah dan memicu penyakit jantung

8. Mengurangi konsumsi garam


 Mengurangi konsumsi garam bahkan hanya satu sendok teh setiap hari bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Garam adalah salah satu komposisi makanan yang sering kali diabaikan ketika membaca tabel nutrisi. Padahal mengonsumsi garam atau sodium terlalu banyak bisa meningkatkan tekanan darah tinggi yang nantinya menyebabkan penyakit jantung.
Itulah beberapa fakta tentang penyakit jantung yang harus diketahui. Sebenarnya mencegah penyakit jantung tidaklah sulit jika Anda mau melakukan langkah-langkah mudah di atas. Begitu juga dengan cara menjaga agar jantung tetap sehat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template