Comments

Tuesday, November 12, 2013

4 Manfaat tidur satu jam lebih lama

Posted by at 5:00 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/manfaat

Tidur adalah saat tubuh beristirahat. Saat tidur, manusia memperbarui energi dan kesehatan tubuhnya. Banyak orang yang tak suka tidur terlalu lama, karena menganggap tidur bisa membuat tubuh cepat gemuk, atau terlihat malas. Padahal tidur satu jam lebih lama bisa memberikan beberapa manfaat.
Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Ada dapatkan ketika menambah jam tidur, seperti dilansir oleh Huffington Post
 
1. Aktifkan gen bermanfaat

Sebuah eksperimen kecil yang dilakukan oleh jurnalis BBC menemukan bahwa menambah jam tidur bisa mengaktifkan sekitar 500 gen yang bermanfaat untuk tubuh. Hasil ini didapatkan ketika peneliti mengamati partisipan yang hanya tidur selama 6,5 jam dan partisipan yang tidur selama 7,5 jam. Mereka menemukan bahwa partisipan yang tidur selama 7,5 jam memiliki gen aktif yang lebih banyak. Gen ini melindungi mereka dari peradangan, stres, dan penyakit lain seperti diabetes dan kanker.

2. Meningkatkan kemampuan atletis

Penelitian mengungkap bahwa tidur satu jam lebih lama bisa meningkatkan kemampuan atletis seseorang. Untuk itu, jika Anda akan melakukan sebuah pertandingan olahraga, jangan hanya menambah waktu latihan fisik. Anda juga harus menambah waktu tidur selama satu jam.

3. Baik untuk jantung

Penelitian pada tahun 2008 mengungkap bahwa orang dewasa yang tidur selama tujuh jam per malam memiliki risiko 33 persen lebih rendah untuk mengalami penyumbatan arteri berupa tumpukan kalsium, dibandingkan dengan orang dewasa yang tidur selama enam jam. Penelitian pada tahun 2012 juga mengungkap bahwa orang yang memiliki waktu tidur singkat berisiko terkena tekanan darah tinggi. Menambah jam tidur selama satu jam akan menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan memori

Ketika tidur, tak hanya kesehatan tubuh yang bertambah, melainkan juga kesehatan otak. Manusia mempelajari sesuatu ketika mereka tengah tidur. Untuk itu, waktu tidur yang lebih lama akan membantu otak untuk mempelajari lebih banyak hal dan meningkatkan daya ingat Anda.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan tidur satu jam lebih lama. Namun ingat, jangan tidur terlalu lama karena tentunya tak baik untuk kesehatan. Hingga saat ini, jumlah waktu tidur yang ideal memang belum bisa dipastikan. Namun jika Anda tidur selama enam jam semalam, tak ada salahnya menambah satu jam lagi untuk tidur.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template