Comments

Tuesday, November 19, 2013

7 Fakta menarik tentang efek kafein pada tubuh

Posted by at 3:53 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/fakta

Selama beberapa tahun, peneliti dan ilmuwan terus memperhatikan efek kafein pada tubuh. Hingga saat ini, peneliti masih tak pasti apakah kafein baik atau buruk. Pasalnya, kafein bisa memberikan efek buruk dan juga efek baik pada tubuh manusia.

Apa yang bisa terjadi pada tubuh setelah minum kafein? Ini dia faktanya, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Efek kafein sangat bergantung pada tubuh dan sistem saraf seseorang. Tak hanya itu, efek kafein juga dipengaruhi oleh berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya. Namun yang perlu diketahui adalah bahwa efek kafein akan terus bertahan selama delapan jam.

2. Sangat jelas bahwa kafein mempengaruhi jantung dan darah. Kafein yang mulai masuk ke pembuluh darah akan membuat jantung berdetak lebih kencang dan memompa darah lebih cepat. Untuk itu, kafein sangat berbahaya bagi orang yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mengonsumsi banyak kafein bisa menyebabkan mereka mengalami stroke.

3. Kebanyakan produk kafein seperti kopi, cokelat, dan teh juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah penuaan dan bahkan kanker. Selain itu, produk yang mengandung kafein juga mengandung asam lemak dan beberapa vitamin. Pada sisi ini, kafein bisa memberikan manfaat bagi tubuh manusia.

4. Namun kafein juga bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Kafein bisa mengganggu proses pencernaan dengan menenangkan otot-otot pencernaan. Hal ini membuat proses pencernaan berjalan lambat. Untuk itu, sebaiknya hindari minum teh atau kopi setelah makan. Setidaknya tunggu sampai setengah jam atau satu jam setelah makan jika Anda ingin menikmati minuman atau makanan yang mengandung kafein, termasuk beberapa jenis obat yang diketahui mengandung kafein.

5. Kafein jelas mempengaruhi sistem saraf. Terlalu banyak mengonsumsi kafein juga bisa memberikan dampak yang ekstrem seperti tangan yang terus bergetar, merasa pusing dan mual, atau merasa cemas sepanjang waktu.

6. Kebanyakan orang mengonsumsi minuman berkafein dengan gula. Hal ini sebenarnya tak baik karena akan menyusahkan kerja pankreas. Pankreas akan memproduksi lebih banyak insulin untuk mencerna gula tersebut sehingga akan terjadi lonjakan insulin pada tubuh dan darah. Hal ini tentunya tak baik, terutama bagi penderita diabetes.

7. Efek kafein pada tubuh terkadang mirip dengan stres. Untuk itu, jika Anda sudah banyak mengalami stres, sebaiknya tak usah mengonsumsi kafein. Karena bisa jadi tubuh Anda akan mengalami stres ganda akibat kafein yang dikonsumsi.

Itulah beberapa efek kafein pada tubuh. Ada efek positif, namun juga ada efek negatif. Selama Anda mengetahui takaran yang baik untuk mengonsumsi kafein, tak masalah untuk meminumnya.

 Namun perhatikan agar konsumsi kafein tak sampai berlebihan dan merusak kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template