Comments

Thursday, November 21, 2013

5 Fakta menarik tentang Hari Jomblo di China

Posted by at 4:14 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/love

Hari ini, Senin (11/11), para muda-mudi di China merayakan Guanggun Jie atau biasa disebut Hari Jomblo. Perayaan istimewa ini umumnya dirayakan oleh anak muda di China, meski tak menutup kemungkinan mereka yang sudah berumur tetapi masih jomblo juga bisa ikut merayakannya. Ingin tahu fakta menarik di balik munculnya budaya populer Hari Jomblo di China? Yuk simak fakta menariknya berikut ini!

1. Ini awalnya hanya sebuah lelucon

 Pada tahun 1990-an, para mahasiswa di Universitas Nanjing melakukan protes akan adanya perayaan Valentine's Day dengan mengadakan pesta sehari untuk mereka yang tak memiliki pasangan. Tak disangka, lelucon ini pun segera menjadi fenomena nasional di China berkat adanya internet.

2. Bachelors' Day

 Hari Jomblo awalnya hanya dirayakan oleh para pria muda lajang di China. Kemudian budaya ini mulai populer di kalangan masyarakat muda China yang masih melajang. Kini ada sekitar 180 juta lajang di China yang merayakan hari spesial ini. Guanggun Jie atau Hari Jomblo awalnya disebut dengan Bachelors' Day, karena awalnya hanya dirayakan oleh para bujangan.

3. Kenapa 11.11?

 Perayaan istimewa ini dirayakan setiap tanggal 11 November. Mengapa? Karena istilah lajang sering direpresentasikan dengan angka 1 dan pada tanggal 11 November, Anda akan melihat empat angka 1. Istilah Guanggun Jie sendiri memiliki arti tongkat telanjang, yang merupakan bahasa slang untuk bujangan.

4. Hari belanja online

Pada Hari Jomblo, para pelaku bisnis online akan meraup banyak untung dari peningkatan penjualan. Menurut Business Insider, penjualan Alibaba Group - e-retailer terbesar di China - tahun lalu pada Hari Jomblo mencapai lebih dari 3,1 juta (setara Rp 35 miliar). Semua orang pun beramai-ramai menyerbu situs belanja online yang menawarkan berbagai potongan harga selama Hari Jomblo.

5. Apa saja yang dilakukan saat Hari Jomblo?

Berikut adalah apa yang dilakukan muda-mudi lajang di China saat merayakan Hari Jomblo:

1. Para lajang akan pergi ke sebuah acara makan malam secara berkelompok. Setiap orang akan membayar untuk diri mereka sendiri, yang merepresentasikan kemerdekaan mereka.

2. Para lajang muda akan menggelar atau mengikuti kencan buta yang diadakan oleh kenalan, perusahaan, dan situs kencan online. Mereka pun akan mengikuti kencan buta tersebut untuk mencoba peruntungan mereka dalam mendapatkan jodoh. Pada tahun 2011, kota Shanghai pernah menyelenggarakan salah satu kencan buta terbesar di dunia dengan mengumpulkan 10.000 lajang di China.

3. Untuk merayakan Hari Jomblo, para lajang di China biasanya menyantap empat Youtiao (atau cahkwe) yang merepresentasikan empat angka 1 pada simbol 11.11 (11 November) dan satu bakpao yang mewakili simbol titik yang memisahkan empat angka 1 sebagai menu sarapan.

Inilah lima fakta menarik tentang perayaan Hari Jomblo di China.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template