Comments

Tuesday, November 12, 2013

Lima pemimpin sejagat paling berpengaruh versi Forbes

Posted by at 5:30 AM Read our previous post
Majalah bergengsi Forbes melansir nama-nama mereka paling berpengaruh pada tahun ini. Sejumlah nama lama tetap bertahan hanya saja peringkatnya bergeser. Kali ini di nomor wahid, Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi yang paling sulit ditolak pengaruhnya.

Bagaimana tidak? Dia mampu menahan terjadinya perang dunia III. Selain Putin, ada Paus Fransiskus membawa perombakan besar-besaran dalam revolusi gereja Katolik.

Siapa lagi menduduki peringkat lima teratas pemimpin negara paling berpengaruh sejagat versi majalah ini. Dilansir dari Forbes  berikut ulasannya.

1. Vladimir Putin

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/tokoh

 

Vladimir Vladimirovich Putin, Presiden Federasi Rusia terpilih pada tahun 2012. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Presiden sementara Rusia pada 31 Desember 1999, saat menggantikan Boris Yeltsin dan kemudian terpilih menjadi presiden pada 7 Mei 2000 serta terpilih kembali untuk masa jabatan kedua pada tahun 2004.

Lahir pada tanggal 7 Oktober 1952 di St Petersburg, merupakan anak tunggal karena dua saudaranya meninggal ketika masih kecil. Meskipun saat ini menjadi pemimpin pemerintahan komunis, Putin dibaptis berdasarkan kepercayaan Gereja Ortodoks.

Putin mampu menjalin hubungan internasional yang baik dengan beberapa Negara, di antaranya dengan Amerika Serikat, Inggris, China, Iran, Autralia serta Negara-negara Amerika latin.

Pengaruhnya terhebat yakni menghentikan perang dunia III pernah diramalkan bakal terjadi berawal dari Suriah. Sebagai sekutu dekat Presiden Suriah Basyar al-Assad, Putin mampu membuat Assad mendengarkan sarannya terutama terkait senjata kimia dan memilih sikap bertahan pada situasi konflik Suriah.

Putin juga lah mencegah Amerika menggempur Suriah. Dia bahkan memberikan opsi agar pertempuran tidak terjadi jika Suriah mau bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meneliti keberadaan senjata kimia.

2. Barack Hussein Obama

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/tokoh

 

Barack Hussein Obama tahun ini kalah pamor dalam daftar orang paling berpengaruh sejagat versi Forbes.

Obama lahir pada tanggal 4 Agustus 1961 di Honolulu-Hawaii, yang sekarang menjabat dan merupakan Presiden Amerika Serikat yang ke-44. Sebelum memulai karir politik, Obama berkerja sebagai Pengacara Sipil, kemudian menjadi senator Universitas Illinois dan saat ini merupakan keturunan Afrika-Amerika pertama yang terpilih sebagai presiden Amerika Serikat.

Pamornya menurun baik di mata internasional maupun dalam negerinya. Bahkan di masa dia memerintah Amerika terjadi kelumpuhan pemerintahan. Hal ini belum terjadi lagi hampir dua dekade.

Sementara dalam kebijakan politik dunia, sekutunya Israel diam-diam mulai meninggalkan Obama dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu hanya manis di permukaan. Ini lantaran isu nuklir Iran membuat Amerika mengambil langkah terlalu hati-hati sementara Israel ingin segera menggempur Negeri Mullah.

Hingga saat ini isu nuklir meski masih dibahas namun tak lagi panas.

3. Xi Jinping

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/tokoh

 

Xi Jinping merupakan satu-satunya pemimpin Asia masuk dalam daftar orang berpengaruh versi Forbes tahun ini.

Pada Maret dia resmi menjadi kepala negara komunis terbesar sejagat China. sekitar tiga ribu anggota Kongres Rakyat Nasional mengambil bagian dalam pemungutan suara di Balai Agung Rakyat yang terletak di sebelah barat Lapangan Tiananmen, di Ibu Kota Beijing.

Jinping terpilih dengan jumlah suara 2.952, di mana tiga suara menyatakan abstain. Dia saat itu langsung membungkuk di hadapan anggota parlemen ketika namanya dinyatakan menang menggantikan presiden sebelumnya Hu Jiantao.

Di tangan Jinping China berkembang lebih pesat. Industri mereka merajai sejagat. Gempuran barang produksi China semakin tak terbendung. Tingkat korupsi pun berkurang drastis sebab Jinping mengikuti tradisi pendahulunya agar menggantung koruptor serta mereka berlaku kecurangan. Di Negeri Tirai Bambu ini kasus eksekusi bisa melonjak 3.500 per bulan.

4. Paus Fransiskus

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/tokoh

 

Nampaknya Forbes tidak salah jika menjadikan Paus Fransiskus pemimpin Vatikan dan umat Katolik sejagat sebagai orang paling berpengaruh di dunia. Dia membuktikan angin segar dan perombakan besar-besaran di tubuh gereja seantero bumi.

Vatikan dulu dianggap penuh kemunafikan. Menghina serta mencaci gay dan kaum homoseksual namun faktanya banyak pastor mereka justru melakukan praktik percintaan sesama jenis dan pedofilia. Banyak pelayan altar masih bocah jadi saksi bejatnya pastor-pastor Katolik dan Kristen sebab memaksa mereka melayani nafsunya.

Namun Fransiskus tidak serta merta menghakimi pelbagai masalah datang padanya. Dia meneliti satu demi satu sebelum memutuskan perkara. Termasuk menerima kaum gay dengan tangan terbuka meski belum bisa memaafkan dan mengampuni perbuatan mereka, meyakini ateis juga bisa masuk surga, dan sering melanggar protokol Vatikan yang kaku dan membosankan. Paus menyerukan agar gereja saat ini lebih modern dan fleksibel mengikuti perkembangan zaman.

5. Angela Merkel

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/tokoh

 

Jika ada perempuan paling tangguh saat ini Kanselir Jerman Angela Merkel lah orangnya. Tidak main-main, dia mampu menjabat tahun ketiga pemerintahan Negeri Tembok Berlin itu.

Berdasarkan Forbes, Angela Merkel tak hanya wanita paling berpengaruh tahun ini namun juga kurun 2006-2009, 2011, dan 2012. Wanita bernama lengkap Angela Dorothea Merkel ini juga disebut sebagai salah satu dari 50 Tokoh Paling Berpengaruh tahun 2010 versi New Statesman.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template